Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Turunkan Ribuan Personil Amankan Demo Buruh di Batam
Oleh : ali/dd
Senin | 01-10-2012 | 17:05 WIB
densusu.gif Honda-Batam
Antisipasi anarkisme, Polda Kepri terjunkan ribuan personil dalam demo buruh, Rabu lusa.

BATAM, batamtoday - Kepolisian Daerah Kepulauan Riau akan menurunkan ribuan personil untuk mengamankan jalannya aksi demo buruh yang akan berlangsung pada Rabu (3/10/2012) lusa.


Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono menyampaikan Polda Kepri akan menerjunkan personil dengan kekuatan yang setara dengan pengunjuk rasa.

"Yang jelas, personil yang akan diturunkan berasal dari jajaran Polresta Baralang di-back up Polda. Pengaman yang dilakukan guna mencegah aksi anarkis yang dapat membuat situasi Kepri khususnya Batam tidak kondusif," jelasnya, Senin (1/10/2012).

Selain itu, tambahnya, untuk mengamankan aksi unjuk rasa agar tidak terjadi aksi anarkis, Polri juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Batam dan aparat TNI.

"Kita akan dibantu oleh Satpol PP dan di-back up TNI," tambah Hartono.

Disinggung batamtoday apakah akan ada perintah tembak di tempat ketika aksi demo yang yang terjadi sudah anarkis, Hartono mengatakan situasi itu dapat dilihat pada tingkat kerawanan. Namun dia memastikan anggota polisi yang diterjunkan nanti tidak menggunakan peluru tajam. Pengaman yang akan dilakukan menurutnya sesuai dengan tingkat situasi. 

"Pengamanan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur)," jelasnya.

Sebelumnya, Polda Kepulauan Riau menghimbau demo buruh yang akan digelar oleh serikat buruh pada 3 Oktober lusa dapat berlangsung kondusif dan tertib.

"Tidak ada larangan untuk melakukan aksi demo, tapi harus mengikuti koridor dan aturan yang berlaku," ujar Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono, Senin (1/10/2012).

Hartono menghimbau kepada masyarakat di Kepri khusnya Batam agar tidak mudah terpancing dengan provokasi pihak tak bertanggungjawab pada saat unjuk rasa untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

"Masyarakat yang tidak ada kaitannya dengan aksi demo jangan mudah ikut terpancing menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Harapannya, pada saat aksi unjuk rasa digelar, tidak terjadi kerusuhan yang sehingga, situasi Batam tetap kondusif.