Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belajar Membaca Selama di Rutan

Waduh, Rosma Ternyata Buta Huruf
Oleh : hz/dd
Senin | 01-10-2012 | 15:25 WIB
rosma-hamil.gif Honda-Batam
Terpidana Rosma di Rutan Baloi.

BATAM, batamtoday - Untuk mengisi kekosongan waktu selama menjalani hukuman, Rosma alias Ros, terpidana pembunuhan Putri Mega Umboh, kini sedang sibuk belajar membaca di Rutan Baloi Batam.


"Sudah tiga hari ini Ros belajar baca tulis di sini, sebab teman-teman satu selnya kasian melihat dia tak bisa membaca (buta huruf, red)," ujar Anak Agung Gde Khrisna kepada batamtoday, Senin (1/10/2012).

Bahkan, lanjut Agung, teman-teman satu sel yang selama ini berinisitif untuk mengajarkan membaca dan menulis kepada Rosma, sebagai bekal nantinya.

"Hitung-hitung nanti jika keluar dari rutan, dia (Rosma, red) sudah bisa membaca. Apalagi teman-temannya yang lain sering mengisi waktu dengan membaca buku dan majalah di perpustakaan yang ada di sini," terang Agung.

Selain mengisi waktu dengan belajar membaca, Rosma juga mendapatkan bekal ketrampilan yang diajarkan kepada setiap penghuni rutan, sehingga bisa dijadikan bekal kelak jika mereka kembali ke masyarakat nantinya.

Disinggung tentang kesehatan Rosma sejak ditahan di rutan, Agung menjelaskan kondisi kesehatan Rosma baik-baik saja, sebab di sini ada tim dokter yang bertugas untuk mengecek kesehatan para penghuni rutan jika sedang sakit.

"Kondisinya baik-baik saja saat ini, jika nanti akan memeriksa kesehatan janin yang ada dalam kandungannya kita akan rujuk ke rumah sakit yang selama ini ada kerjasama dengan kita," lanjut Agung.

Tak hanya Rosma, di Rutan Baloi ini masih ada penghuni yang sedang hamil, dan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mereka bisa menjalani pemeriksaan di poliklinik di rutan.