Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bintan akan Dimekarkan Jadi Dua Kabupaten
Oleh : hrj/dd
Senin | 01-10-2012 | 15:07 WIB
Bupati-Bintan-Ansar-Ahmad-S.gif Honda-Batam
 Bupati Bintan Ansar Ahmad.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Bupati Bintan Ansar Ahmad menyatakan wilayah Bintan akan dimekarkan menjadi dua kabupaten. Namun pemekaran itu masih menunggu hasil kajian tim ahli PT Sinergi Visi Utama, Jogjakarta. 


"Nanti setelah mendengar pemaparan dari tim kajian rencana pemekaran Bintan jadi dua kabupaten. Baru akan disampaikan kepada masyarakat," ujar Bupati Bintan, kepada batamtoday di Tanjunguban, Senin (1/10/2012).

Terkait berita sebelumnya, apa yang menjadi aspirasi masyarakat untuk menjadikan Bintan Utara sebagai kota dinyatakan tidak layak karena, melihat kondisi statistik yang ada dan hasil kajiannya, untuk dijadikan sebuah kota, berdasarkan syarat-syaratnya bagi Bintan Utara sangat berat .

Hal tersebut di sampaikan oleh Tunjung Sulaksono, Msi  kepada batamtoday secara terpisah melalui ponselnya, jumat (14/9/2012). Dikatakan, hasil kajian tersebut sudah di paparkan tim ahli kepada Bupati Bintan dan terkait pemekaran sendiri dan berdasarkan perbandingan statistik yang ada, tim ahli menilai Bintan Utara lebih cocok dimekarkan menjadi sebuah kabupaten baru.  

Sementara itu untuk pemekaran menjadi kabupaten , kata Tunjung, berdasarkan jumlah kecamatan yang ada Bintan memang bsia dimekarkan, karena syaratnya harus ada lima kecamatan, sementara Bintan sudah memliki 10 kecamatan. 

“Artinya, dibagi menjadi masing-masing lima kecamatan, begitu juga masalah pembagian dan tapal batas, namun hal tersebut sudah disampaikan kepada bupati secara keseluruhan,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata Tunjung terkait kinerja tim ahli, memang sementara tim kecil masih terus  bekerja, terkait proyeksi rencana pemekaran. “Tim kecil memang masih berada di Bintan, melihat proyeksi selanjutnya. Karena masalah pembagian wilayah, itu wewenang dari Pemkab Bintan,” katanya.

Ada pun yang menyampaikan pemaparan dari hasil kajian tersebut,  kepada Bupati Bintan berserta jajarannya di pemkab Bintan, diantaranya Dr. Nurmandi Msc, Dr. Suranto M.Pol dan Tunjung Sulaksono Msi.