Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Bentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana
Oleh : Harjo
Selasa | 27-02-2024 | 12:44 WIB
AR-BTD-3741-Pemkab-Bintan.jpg Honda-Batam
Sekda Bintan, Ronny Kartika, saat memimpin rapat pembentukan forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Senin (26/2/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah membentuk forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB).

PRB ini untuk menjalin komitmen dari seluruh pihak dalam pengurangan resiko bencana. Forum ini sesuai amanat Undang Undang nomor 24 tahun 2007, di mana perlu keterpaduan semua pihak, di antaranya unsur Pemerintah Daerah, TNI/Polri, perusahaan dan industri serta para relawan.

Tujuannya adalah untuk mengajak seluruh pihak sepakat dalam mengurangi risiko bencana di Kabupaten Bintan. "Seperti saat ini, ketika cuaca panas maka acap kali terjadi kebakaran lahan, maka dibutuhkan mitigasi serta identifikasi yang melibatkan seluruh pihak sehingga kita dapat meminimalisir terjadinya bencana sedini mungkin di Kabupaten Bintan," ujar Sekda Bintan, Ronny Kartika, Senin (26/2/2024).

Dikatakannya, inventarisasi data juga sangat dibutuhkan ketika terjadinya emergency. Contohnya, terkait ketersediaan armada yang akan digunakan, nantinya tidak saja sarana dari Pemeritah Daerah namun juga diperlukan dari pihak industri/perusahaan.

"Sehingga saling berkolaborasi antara Pemerintah Daerah dan pihak industri/perusahaan dalam pengentasan bencana alam. Dan jika kita melihat pada siklus sistem manajemen penanggulangan bencana itu setidaknya ada tiga tahapan yang saling berkaitan, yaitu pra-bencana, saat terjadi bencana, dan pasca-bencana," terangnya.

Editor: Gokli