Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rangakaian Musda 2024

Bergerak untuk Kebaikan, DPD REI Batam Tanam 1.000 Pohon
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 26-02-2024 | 19:48 WIB
REI-Tanam-Pohon1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

DPD REI Batam tanam 1.000 pohon sebagai rangkaian kegiatan Musda 2024. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pimpinan Daerah Relestate Indonesia (DPD REI) Khusus Batam terus melakukan gerakan kebaikan dalam melestarikan lingkungan. Bersamaan dengan Musyawarah Daerah, mereka melakukan penanaman seribu pohon di Kota Batam. Banyak manfaat dari penanaman pohon ini untuk kehidupan ke depan.

"Ini merupakan rangkaian penanaman sejuta pohon yang dicanangkan REI pusat. Batam memulainya dengan seribu pohon," kata Ketua DPD REI Khusus Batam, Akhyar Arfan di Dam Duriangkang sekitar Telaga Punggur, Batam, Senin (26/2/2024).

Penanaman di salah satu daerah tangkapan air di Batam ini dilakukan langsung Ketua DPP REI Joko Suranto, dan didampingi oleh DPD REI Batam, serta sejumlah pengurus REI Khusus Batam juga terlibat dalam aktivitas ini. Di kawasan ini, langsung ditanam seratus pohon.

Menurut Akhyar, lokasi penanam ini merupakan salah satu dam terbesar di Kota Batam. Akhyar yakin pohon-pohon yang ditanam ini akan tumbuh subur dan memberi banyak manfaat bagi lingkungan. Apalagi Batam merupakan salah satu daerah di Sumatera dengan curah hujan yang cukup tinggi.

"Gerakan ini akan terus kita lakukan. Ini cita-cita bersama untuk kebaikan semua. Untuk masa depan kelestarian lingkungan yang semakin baik," kata Akhyar.

Sementara itu, Ketua DPP REI Joko Suranto menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan gerakan kongkrit untuk kelestarian lingkungan. Sampai hari ini, sudah 72 ribu pohon yang ditanam.

Menurut Joko, ini merupakan komitmen seluruh DPD REI. Di seluruh Indonesia, setiap Provinsi melakukan gerakan kenaikan ini. Bahkan Presiden Joko Widodo mengapresiasi gerakan ini sebagai antisipasi dampak perubahan iklim dan pemanasan global.

"Kita lakukan semua hal baik. Tak ada yang salah ketika kita berjalan untuk hal yang baik. Perlu kita ulangi dan support terus. Dengan kebersamaan ini kita bisa ikut menjaga Indonesia," kata Joko.

Ke depan, Joko berpesan agar setiap lokasi penanaman harus diberitahukan lokasinya. Dengan meng-share lok daerah yang dilakukan penanaman ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Joko, memang terus menggerakkan dan mengerjakan program kebaikan untuk lingkungan ini. Karena itu, dia yakin sejuta pohon ini akan terealisasi dengan jumlah pohon yang lebih banyak ditanam dari target.

Menurut Joko, sebenarnya pihaknya punya komitmen untuk mempercepat program ini. Karena itu, setiap akad, akan ada dua pohon yang ditanam. "Komitmen ini tak boleh berhenti," kata Joko.

Joko pun berterima kasih dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh DPD REI Khusus Batam. Terutama dengan menanam seribu pohon. Apalagi, pohon yang ditanam tidak sejenis, demi keragaman hayati di tiap kawasan.

Ada tujuh pohon yang ditanam di kawasan ini yaitu pohon gaharu, saga, mahoni, balam, ketapang, andira dan kelat salam.

Editor: Yudha