Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Donor Darah, Hakka Kepri Kumpulkan 108 Kantong Darah
Oleh : chr/dd
Senin | 01-10-2012 | 07:59 WIB
donor_darah.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Kepri, berhasil mengumpulkan sebanyak 108 kantong darah dari para pendonor untuk disalurkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan kawasan Mamak Den, Sabtu (29/9/2012) lalu. Selain pengurus Hakka, aksi donor darah ini juga mendapat dukungan dari sejumlah anggota TNI AD dan AU di Tanjungpinang. 


Ketua Perhimpunan Hakka Kepri Bobby Jayanto mengatakan, pelaksanaan donor darah yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB tersebut, mendapat perhatian dan sambutan hangat dari segenap lapisan masyarakat di kota Tanjugpinang hal itu ditandai dengan banyaknya warga yang ikut serta berpartisipasi sebagai pendonor. 

"Kegiatan yang kita laksanakan sangat mendapat dukungan dari masyarakat, dari 200 blanko yang di sediakan PMI ada 194 pendonor yang mendaftar Namun dari hasil pemeriksaan tim medis, ternyata 86 orang terpaksa ditolak, karena kondisi kesehatan kurang fit," jelas Bobby.

Bobby juga mengatakan, kegiatan ini, merupakan bentuk kepedulian Hakka Kepri kepada sesama khususnya pada masyarakat yang memerlukan darah, dan dengan menggandeng PMI Tanjungpinang, selaku pihak yang berwenang dalam hal pelaksanaan donor darah. 

"Hal ini menjadi bentuk kepedulian kami bagi masyarakat yang membutuhkan darah. Dan juga untuk membantu pihak PMI Tanjungpinang yang setiap bulannya yang mengalami kekurangan darah," jelasnya.

Sementara itu, Direktur PMI Tanjungpinang, dr.Sudianto mengatakan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan Hakka ini sangat berarti bagi PMI Tanjungpinang. mengingat kebutuhan darah untuk di Tanjungpinang setiap bulannya mencapai 400 kantong sedangkan darah yang tersedia di PMI tidak sebanding denga njumlah tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih, penghargaan yang tidak terkira kepada segenap pengurus Hakka Kepri atas apa yang dilakukan ini, dan sejumlah kantong darah yang terkumpul ini, sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan, hendaknya kegiatan ini menjadi motivasi bagi kelompok masyarakat lainnya," ujarnya.