Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penghitungan Suara di TPS Kepri Baru Selesai Subuh Imbas Listrik Padam
Oleh : Redaksi
Kamis | 15-02-2024 | 10:28 WIB
tps_batam_perhitungan.jpg Honda-Batam
Perhitungan suara hasil Pemilu 2024 di Kota Batam (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Proses penghitungan suara hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun Kepulauan Riau (Kepri) molor hingga subuh imbas listrik padam beberapa kali.

Listrik padam disebabkan adanya gangguan jaringan karena petir hingga pohon tumbang dan hewan yang melintas di kabel listrik.

"Jam 22.00 WIB sudah normal, kemudian gangguan lagi jam 24.00 WIB," kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tanjungpinang, Apreza Pashya, Kamis (15/2/2024).

Lebih lanjut, dia mengatakan listrik padam berada di lokasi 2 TPS Pasir Panjang Kabupaten Lingga, dan 11 TPS di lokasi Rawajaya Kabupaten Karimun.

Belasan TPS yang terdampak listrik padam saat proses penghitungan suara Pemilu 2024 sempat dibantu dengan mesin genset agar penghitungan suara bisa dilanjutkan.

"Sejauh ini aman, hanya yang padam gangguan mesin seperti di Pasir panjang dan Rawajaya terjadi pemadaman, namun di TPS sudah dibackup genset", Ujar Reza.

Terpisah, Ketua KPU Lingga Ardhi Auliya membenarkan kendala listrik padam itu membuat proses penghitungan suara terhambat dan baru selesai dilakukan hingga pagi.

"Penghitungan suara di seluruh wilayah Lingga rampung sekitar jam 4 subuh, dini hari bang, termasuk TPS yang terkendala listrik," ujar Ardhi.

Editor: Dardani