Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pura-pura Cari Kos

Kawanan Maling di Sagulung Berhasil Dibekuk Warga
Oleh : kli/dd
Jum'at | 28-09-2012 | 12:29 WIB

BATAM, batamtoday - Tiga orang maling masing-masing Izul pria yang mengaku asal Nagoya, dan dua orang rekannya wanita Yulia dan Dewi kepergok mencuri di daerah Pasar Sagulung oleh warga. Dua dari tiga pelaku berhasil ditangkap, sementara Izul berhasil kabur, Jumat (28/9/2012) sekitar pukul 09.00 WIB.


Informasi yang dihimpun di lapangan, ketiga maling ini berpura-pura mencari tempat kost. Saat menadatangi lokasi yang akan mereka kuras, dua wanita itu bertugas mengalihkan perhatian sang pemilik lokasi. Sementar, Izul langsung melancarkan aksinya setelah korban berhasil dikelabui oleh dua rekannya.

Di lokasi pasar Sagulung, ketiga pelaku berhasil menyantroni dua tempat warung. Kedua tempat itu miliknya Heri di blok E/9 (bukan blok D) dan Rani blok E/12. Pelaku dari kedua korban menguras puluhan bungkus rokok dan ratusan ribu uang dari laci meca.

Ajis Yusuf, salah seorang sekuriti yang turut mengamankan kedua pelaku mengatakan, kedua korban mengaku rugi ratusan ribu. Namum, jumlah total kerugian belum bisa dipastikan lantaran jumlah rokok yang dibawa kabur oleh Izul belum diketahui.

"Kedua korban mengaku rugi ratusan ribu. Kalau nilai uang yang dibawa kabur oleh salah satu pelaku sekitar Rp600 ribu dari kedua korban," paparnya.

Pengakuan pelaku kepada sekuriti saat pertama diamankan, kata Ajis merupakan kelompotan yang kerap beraksi dengan modos mencari tempat kost. Namun, di lokasi pasar Sagulung ketiga pelaku baru pertama sekali beraksi.

"Pengakuan pelaku mereka bertiga komplotan dan sudah sering melakukan pencurian dengan modus yang sama. Cuma, di Pasar Sagulung ini mereka baru pertama sekali beraksi," kata Ajis.

Selanjutnya, kedua maling yang berhasil diamankan diserahkan ke Polsek Sagulung. Dan beruntung cepat dijemput karena warga sudah sempat emosi dan nyaris menghakimi pelaku.