Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencuri Brankas Sikat Jutaan Rupiah di Bengkong
Oleh : hz/dd
Jum'at | 28-09-2012 | 11:12 WIB
bobol-brankas-lagi.gif Honda-Batam
Polisi saat melakukan oleh TKP di lokasi pembobolan brankas.

BATAM, batamtoday - Sindikat pencurian spesialis brankas kembali beraksi di Batam, kali ini pelaku berhasil membawa kabur brankas yang berisi uang tunai jutaan rupiah dari PT Prospenta Nusa Pratama, perusahaan yang bergerak di bidang alat berat di Komplek Green Town Blok N/25, Jumat (28/9/2012) sekitar pukul 3.30 WIB.


Pelaku datang menggunakan mobil Toyota Avanza warna silver dan diparkirkan tepat di depan kantor, lalu masuk ke dalam dengan cara menggunting gembok rolling door dan membawa kabur brankas yang berada di lantai dua dalam hitungan menit saja.

"Pelaku masuk ke dalam dengan cara menggunting gembok pintu rolling door depan, lalu berhasil membawa brankas yang berada di lantai dua," ujar Kanit Reskrim Polsek Bengkong, Ipda Holoan Situmorang kepada batamtoday di lokasi kejadian.

Holoan menambahkan, diduga pelaku yang berjumlah lebih dari dua orang ini telah menggambar situasi sebelumnya, sebab mereka dapat beraksi secara cepat dan mengetahui dimana brankas dan barang-barang lainnya disimpan.

Dari keterangan pemilik perusahaan, brankas yang dibawa kabur itu berukuran 60 Cm X 60 centimeter dimana di dalamnya ada uang tunai berjumlah Rp2 juta, buku cek dan surat-surat penting lainnya.

"Selain brankas, pelaku juga berhasil membawa kabur satu unit jam Rolex yang ada di meja direktur," lanjutnya.

Namun sayang, lanjut Holoan, aksi pelaku tak dapat terekam oleh CCtv yang ada sebab saat kejadian CCtv tersebut dalam keadaan tidak aktif.

"Kita juga menyayangkan mengapa pihak perusahaan tidak mengaktifkan CCtvnya, sebab CCtv ini sangat penting," terang Holoan.

Aksi pencurian ini sempat diketahui oleh Sugianto, petugas Wanra Babinsa Bengkong yang sedang berpatroli, namun karena takut memergoki langsung, petugas itu kembali ke posnya untuk mendapatkan bantuan.

Namun disaat petugas itu kembali datang bersama-sama dengan warga, para pelaku sudah tidak ada di lokasi dan membawa kabur brankas milik perusahaan.

Pantauan batamtoday di lokasi kejadian, anggota buser dan tim identifikasi Satreskrim Polresta sedang melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi terkait peristiwa pencurian ini.

Dengan kejadian ini, tugas aparat kepolisian di Batam semakin bertambah berat sebab beberapa kasus lainnya belum terungkap hingga kini dan pelaku masih berkeliaran bebas untuk melakukan aksi kejahatannya.

Sebelumnya kasus yang sama terjadi di Kantor BPS Batam Centre, Kantor Pos Bengkong, Kantor Developer Pariama Batam di Sei Panas, Bank BPR Dana Nagoya cabang Bengkong dan Sekolah Kalista Batam Centre.