Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bulan Depan, FSPMI Batam Serukan Mogok Kerja Selama Dua Hari
Oleh : kli/dd
Jum'at | 28-09-2012 | 10:06 WIB

BATAM, batamtoday - Selama dua hari kerja yakni tanggal 3 dan 4 pada Oktober 2012, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam menyerukan aksi mogok kerja total. Aksi mogok kerja ini akan diikuti oleh 25 ribu buruh di empat lokasi kawasan industri.


Suprapto, Sekretaris Konsulat FSPMI cabang Batam mengatakan aksi ribuan buruh ini akan berlangsung selama dua hari kerja pada bulan oktober. Aksi mogok kerja ini akan berlangsung di empat titik lokasi Industri, yakni kawasan industri Batamindo Mukakuning, beberapa kawasan industri Batam Center, Batu Ampar dan kawasan industri Tanjunguncang.

"Untuk aksi mogok total ini, FSPMI sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada pihak terkait seperti Polisi, Disnaker dan perusahaan," kata Suprapto, Jumat (28/9/2012)

Menurutnya, aksi yang berlangsung pada tanggal 3 Oktober 2012 mendatang merupakan aksi mogok secara nasional semua buruh FSPMI. Sementara, untuk tanggal 4 Oktober 2012, merupakan aksi mogok semua buruh FSPMI yang ada di Batam.

"Ada tiga poin tuntutan kami dalam aksi mogok kerja itu. Dimana tuntutan itu harus segera dipenuhi oleh pengusaha," katanya.

Tiga poin tuntutan yang dimaksud, kata Suprapto yakni penghapusan outsourcing, oolak upah murah dan berlakukan Undang-undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Januari 2014.

"Buruh juga menuntur supaya iuran bulanan segera dibayarkan oleh pengusaha seperti yang sudah berjalan selama ini," ujar Suprapto.

Saat ini, kata Suprapto pihak FSPMI Batam sudah melakukan persiapan terkait aksi mogok yang akan segera mereka lakukan dan dipastikan semua buruh yang tergabung dalam FSPMI akan mengikuti aksi mogok tersebut.