Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi akan Tindak Pelaku Balap Liar di Bintan
Oleh : hrj/dd
Kamis | 27-09-2012 | 14:26 WIB
Kasatlantas-Polres-Bintan.gif Honda-Batam
Kasat Lantas Polres Bintan AKP Kurniawan Ismail

TANJUNGUBAN, batamtoday - Makin maraknya balap liar yang terjadi di wilayah hukum Polres Bintan, terutama di wilayah Bintan Utara,  Satlantas Polres Bintan segera membentuk tim Tindak guna menindak pelaku balap liar, yang sering melakukan aksinya pada malam hari. 


Demikian disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Bintan AKP Kurniawan Ismail kepada batamtoday, Kamis (27/9/2012). Menurutnya, memang sudah banyak masukan dari masyarakat terkait maraknya aksi balap liar di jalan raya yang dilakukan oleh segerombolan pemuda dan pelajar di Bintan. 

Kasatlantas mengatakan, guna menindak para pelaku balap liar tersebut, Satlantas Polres Bintan akan segera membentuk Tim Tindak untuk menekan semakin maraknya aksi balap liar di jalan raya tersebut. tim itu nantinya akan melakukan patroli di tempat yang rawan dijadikan sebagai ajang balap liar. 

"Anggota nanti akan melakukan Patroli rutin dan apabila ada yang kedapatan melakukan balap liar maka akan ditindak, berupa tilang dan lainnya," ujarnya.

Selain itu, Kasatlantas juga mengingatkan juga masalah tertib lalulintas baik kepada pelajar mau pun masyarakat, agar selalu mematuhi peraturan tata tertib lalulintas yang baik. Karena menurutnya, sampai sejuah ini, kondisi masyarakat Bintan, masih banyak yang kurang sadar terhadap tertib lalulintas. 

"Masyarakat Bintan tergolong masih kurang sadar untuk tertib berlalulintas. pada hal, apa bila terjadi ekcelakaan yang dirugikan mereka juga," imbuhnya.

Disisi lain kata Kasat, untuk pelanggaran lalintas yang dilakukan oleh para pelajar, kedepan Satlantas juga akan memberikan sangsi berupa tilang, selain itu orangtua dan gurunya sekolahnya juga akan ikut dipanggil guna pembinaan terhadap anak. 

Tidak hanya itu, Kurniawan juga mengharapakan adanya kesadaran juga dari instansi yang ada, agar bisa memberikan contoh berlalulintas kepada masyarakat. 

"Instansi dan aparat sangat diharapkan untuk bisa memberikan contoh berlalulintas dengan baik kepada masyarakat. Karena aparat harus bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat. Bagaimanapun masyarakat juga menilai prilaku aparat dan instansi yang ada," paparnya.