Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2 Tahun DPO, Bareskrim Polri Tangkap Bos Robot Trading Viral Blast Global di Bangkok
Oleh : Redaksi
Senin | 29-01-2024 | 14:00 WIB
kombes-Samsul.jpg Honda-Batam
Wadirtipideksus Bareskrim Polri, Kombes Pol Samsul Arifin, saat konferensi pers terkait penangkapan buron kasus investasi bodong robot trading Viral Blast Global, Putra Wibowo di Bareskrim Polri, Jakarta, Sabtu (27/1/2024). (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bareskrim Polri berhasil menangkap DPO kasus investasi bodong robot trading Viral Blast Global, Putra Wibowo, di Bangkok, Thailand, pada Jumat (26/1/2024).

Wadirtipideksus Bareskrim Polri, Kombes Pol Samsul Arifin, mengatakan telah melakukan penangkapan terhadap Putra Wibowo alias PW di Bangkok, Thailand.

"Kemarin telah melakukan penangkapan PW atas dugaan tindak pidana memperdagangkan investasi ilegal robot trading," ujar Kombes Pol Samsul dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Sabtu (27/1/2024), demikian dikutip laman Humas Polri.

"PW ditangkap di Bangkok dan sempat melarikan diri, kami terus berkoordinasi terus dengan atase kepolisian Bangkok dan Divhubinter kemudian melakukan penjemputan paksa di Bangkok, hari ini akan menjalani masa penahanan di rutan Bareskrim," tambah Kombes Pol Samsul.

Penangkapan ini merupakan kelanjutan dari penangkapan tiga tersangka lainnya pada tahun 2022.

Kombes Pol Samsul mengatakan, PW ditangkap atas dugaan tindak pidana memperdagangkan investasi ilegal robot trading. Ia sempat melarikan diri ke Thailand pada tahun 2022.

"Kerugian akibat kasus ini mencapai Rp 1,8 triliun. Tiga tersangka lainnya yang telah ditangkap telah divonis hukuman penjara masing-masing 20 tahun dan 16 tahun," kata Kombes Pol Samsul.

Kombes Pol Samsul menambahkan, PW menjanjikan keuntungan besar kepada para investor, tetapi ternyata tidak ada keuntungan yang diberikan. Ia juga tidak memiliki izin usaha perdagangan berjangka komoditi.

"Hasil investasi mendapat keterangan tersangka dan istrinya tinggal di Bangkok, jadi kami meminta bantuan untuk pencarian tersangka dengan berkoordinasi ke atase kepolisian dan tim Divhubinter," ungkap Kombes Pol Samsul.

Untuk selanjutnya Polri akan melakukan pemeriksaan terkait aset yang dimiliki oleh PW.

Editor: Gokli