Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Berhasil Lumat Brunei 5-0
Oleh : Redaksi/M
Kamis | 27-09-2012 | 09:27 WIB
Irfan-Bachdim-timnas-indonesia.jpg Honda-Batam
Irfan Bachdim, tiga golnya mengantar kemenangan Indonesia atas Brunei, foto:SIDOMI

BANDAR SERI BEGAWAN, batamtoday - Timnas Indonesia berhasil melumat tuan rumah Brunei Darusalam dengan skor telak 5-0. Kemenangan ini sekaligus menjadi jawaban pelatih Nil Maizar yang sebelumnya dianggap tidak mampu membuat timnas Indonesia kurang greget karena belum mencatat kemenangan sekalipun. 


Dalam pertandingan yang digelar Rabu (26/9/2012) di Brunei, Timnas Indonesia tampil trengginas. Striker naturalisasi berdarah Indonesia-Belanda, Irfan Bachdim menjadi aktor kemenangan Timnas. Bahkan striker Persema Malang itu berhasil mencatat Hat trick dalam pertandingan tersebut. 

Di babak pertama, Indonesia mampu tampil mendominasi. Dengan beberapa wajah baru yang kali ini mendapatkan kesempatan tampil sebagai starter, skuad Garuda beberapa kali mampu membahayakan gawang Brunei. Skuad asuhan Nil Maizar ini akhirnya mampu memperoleh gol pertama pada menit ke 25 lewat kaki Irfan Bachdim melalui titik penalti.

Penalti tersebut diberikan oleh wasit Yusuf Karim asal Malaysia setelah salah satu bek Brunei menjatuhkan Irfan di dalam kotak penalti. Tak sia-sia, eksekusinya berhasil mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Indonesia terus memberikan tekanan ke pertahanan Brunei di sisa waktu babak pertama. Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil setelah Vendry Mofu sukses menggandakan kedudukan pada menit ke 45. Tendangan pemain Semen Padang ini sukses menggetarkan gawang Brunei setelah mendapatkan umpan dari Rahmat. 2-0 Indonesia unggul hingga wasit meniup peluit berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia tak mengendurkan serangan. Belum genap 5 menit babak kedua berjalan, Irfan Bachdim kembali menjadi momok pertahanan Brunei. Lepas dari pengawalan bek Brunei, Irfan dengan cermat melakukan tendangan yang tak mampu dicegah oleh kiper Brunei sekaligus mengubah skor menjadi 3-0.

Unggul tiga gol, membuat semangat merah putih semakin tak terkontrol. Serangan demi serangan dibangun hingga beberapa kali pertahanan Brunei kedodoran. 

Tak puas hanya dengan tiga gol, pelatih Indonesia Nil Maizar melakukan perubahan di lini depan Merah Putih. Elie Aiboy yang tampak kelelahan digantikan oleh M Nur Iskandar. Hasilnya, belum genap semenit masuk lapangan, Nur Iskandar mengaktori gol keempat yang dicetak Hendra Bayauw. Di awali pergerakan Rahmat dan Nur Iskandar, pemain baru Semen Padang itu mampu mencatatkan namanya ke papan skor pada menit 63.

Indonesia semakin berada di atas angin. Irfan Bachdim sukses mencatatkan namanya untuk kali ketiga pada menit 72. Gol tersebut membawa Merah Putih unggul lima gol tanpa balas.

Meski terus tampil menyerang di sisa waktu pertandingan. Baik Indonesia maupun tuan rumah Brunei gagal menyarangkan gol. Skor 5 gol tanpa balas mengakhiri laga uji coba di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan Brunei ini.