Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

593 Pelajar Bintan Terima Apresiasi Pendidikan Melalui Student Excellence Awards
Oleh : Harjo
Selasa | 23-01-2024 | 13:28 WIB
SEA-Bintan-02.jpg Honda-Batam
Para pelajar yang menerima Student Exellence Awards dari Bintan Resort, Selasa (23/1/2024) di Grand Lagoi Hotel. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Komitmen Bintan Resorts terhadap dunia pendidikan, diwujudkan salah satunya dengan memberikan Student Excellence Awards kepada 593 pelajar dengan berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Bintan.

Student Excellence Awards ini diserahkan di Grand Lagoi Hotel, Kawasan Wisata Bintan Resort, Selasa (23/1/2024). Program ini bertujuan membantu pelajar yang dinilai berprestasi dan memotivasi mereka agar dapat meraih cita-citanya.

General Manager Finance dan Admin Bintan Resorts, Hebron Habeahan, menerangkan khusus untuk 15 orang dari 593 pelajar, sebagai pelajar dengan prestasi luar biasa dan cemerlang, dari berbagai jenjang pendidikan.

Di antaranya dari Sekolah Tunas Bangsa Lagoi, misalnya ada Rakha Prama Sugito yang masih duduk di bangku kelas IV SD berhasil menyabet berbagai gelar juara di bidang beladiri. Tsaniyah Aqillah Muca I Kadek, pelajar SMP menonjol di bidang olahraga renang dan meraih berbagai gelar juara tingkat daerah. Yuli Artha Sirait, seorang pelajar SMA telah mengharumkan nama Kepulauan Riau tahun lalu di kancah nasional dengan terpilih menjadi sebagai salah satu anggota paduan suara Gita Bahana Nusantara dan tampil pada upacara bendera di Istana Merdeka.

Sejak diperkenalkannya, program Student Excellence Awards oleh Bintan Resorts, sudah sebanyak 11.599 siswa yang menerima bantuan paket pendidikan berupa tas sekolah, alat tulis, seragam, sepatu. Sementara ada juga subsidi biaya pendidikan khusus pelajar SMA dan setara.

"Selain program bantuan pendidikan dan beasiswa, Bintan Cakrawala juga memberikan berbagai kursus kepada pelajar SMA seperti Bahasa Inggris, bimbingan karir, sebagai wujud dari komitmen bidang pendidikan yang berkelanjutan dan secara khusus terus dipantau," ujarnya.

Selain itu, dari departemen pemberdayaan masyarakat sebanyak 500 siswa telah mendapatkan beasiswa Bintan Cakrawala dan mengecap pendidikan di perguruan tinggi. Di mana, saat ini pihaknya tengah menjaring pelajar tingkat SMA setempat, untuk berkesempatan memperoleh Beasiswa Bintan Cakrawala oleh Bintan Resorts saat mereka lulus SMA tahun 2024 ini.

Dikatakannya, pada 2023 yang lalu, tercatat ada tiga pelajar Pulau Bintan lolos tes perguruan tinggi nasional di Indonesia. Mereka adalah Khannisa Naura Perdhani jurusan Agronomi di Institut Pertanian Bogor (IPB), Stefani Sinaga jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro Semarang, dan Selly Virgo Tan jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Semarang.

Salah satu alumni penerima beasiswa Bintan Cakrawala, seperti Rinaldy Lowens Hutabarat, berhasil melanjutkan studi ke perguruan tinggi berkat dukungan dari Bintan Resorts, yakni Lulusan SMKN 1 Bintan Utara ini, sudah menyelesaikan D4 Manajemen Perhotelan di Universitas Negeri Padang pada 2018. Saat ini, sudah bekerja sebagai Learning & Development Officer di PT Bintan Resort Cakrawala.

Dari sisi lain, Chief Operating Officer (COO) Bintan Resorts, Abdul Wahab, dengan bangga mengakui pencapaian luar biasa para pelajar di Pulau Bintan. Karena menurutnya, meraih prestasi bukanlah hal yang mudah, melainkan hasil dari talenta yang dikembangkan, dedikasi, ketekunan, dan dukungan luar biasa dari orangtua, serta sekolah.

Ia menekankan, partisipasi Bintan Resorts dalam memberikan apresiasi dan dukungan kepada para pelajar, juga merupakan kontribusi sebagai pihak swasta yang turut membantu pemerintah di bidang pendidikan, memastikan bahwa generasi penerus bangsa, dapat memainkan peran kunci dalam pembangunan masa depan Pulau Bintan.

"Kegiatan Student Excellence Awards tahun 2024 ini, tidak mungkin terwujud tanpa dukungan perusahaan-perusahaan kolaborator. Semuanya merupakan pemangku kepentingan di kawasan wisata Bintan Resorts," katanya.

Perusahaan tersebut, diantaranya Bintan Resort Ferries, PT Buana Megawisatama, PT Bintan Inti Industrial Estate, Pantai Indah Lagoi Bintan, Nirwana Gardens Resort, Grand Lagoi Hotel, Polo Group, Batam Bintan Telekomunikasi, dan Yayasan Bintan Resorts.

"Semoga nanti lebih banyak perusahaan bergabung, dalam upaya bersama memajukan pendidikan di Pulau Bintan," harapnya.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan, menyampaikan apresiasinya atas semangat luar biasa daei kawasan wisata Bintan, atas terselenggaranya ajang Student Excellence Awards tahun 2024. Karena perushaan pula yang sangat luar biasa dalam memberikan dukungan terutama pada sektor pendidikan, apa lagi hal ini sudah sejak 25 tahun yang lalu, begitu juga dukungan pada bidang sosial kemanarakatan.

"Bintan Resorta sudah berhasil dalam menjalankan berbagai program, mudah-mudahan sinergi yang sudah terjalin dengan baik ini,.terus berlanjut. Karena membangun Bintan tidak bisa hanya dilaksanakan oleh pemerintah, namun perlu dukungan dari semua pihak," katanya.

Roby Kurniawan, juga secara langsung memberikan apresiasi kepada pada pelajar yang hadir. Apa lagi yang hadir adalah perwakilan pelajar yang berprestasi. "Masa depan akan dilihat dengan bagaiamana menyiapkannya. Pr3s5asi akademik dan non akademik sama pentingnya, sehingga harus belajar dan dituntut untuk memiliki keahlian tertentu yang dibutuhkan," imbuhnya.

Sebaliknya, dengan perkembangan teknologi saat ini, dan untuk mengisi pembangunan dinegeri ini, juga para pelejar perlu diawasi atau kontrol oleh orangtua, sehingga lebih banyak hal yang positif bisa dipelajari, serta bisa lebih maksimal.

Dalam Student Excellence Awards tahun 2024, selain dihadiri oleh para pimpjnan Bintan Resorts, turut dihadiri oleh staff khsusus Gubernur Kepri, Sardison, sejumlah kepala dinas Bintan, Camat, Kepala Desa, Lurah, pihak sekolah dan unsur lainnya, termasuk para pelajar berprestasi yangendapatkan apresiasi.

Editor: Gokli