Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sementara, Mafia Solar di Batuaji-Sagulung 'Tiarap'
Oleh : kli/dd
Rabu | 26-09-2012 | 15:20 WIB

BATAM, batamtoday - Pasca penangkapan empat unit mobil pelansir oleh jajaran Reserse Kriminal Polresta Barelang, para mafia solar di daerah Batuaji maupun Sagulung 'tiarap'. Terbukti, beberapa SPBU di daerah tersebut terlihat sepi khususnya di pompa pengisian solar. Berbeda dari hari sebelumnya, kerap antri panjang sampai ke bahu jalan.


Pantauan batamtoday di beberapa SPBU yang terdapat di daerah Batuaji-Sagulung pompa pengisian solar sangat sepi. Hanya beberapa mobil yang melakukan pengisian dan juga tak berlangsung lama seperti yang dilakukan para mafia yang kadang melakukan pengisian sekitar 500 liter hingga 1.000 liter.

Salah seorang pemain solar yang jadi sumber terpercaya batamtoday mengaku saat ini mereka takut untuk melakukan penyelewengan solar bersubsidi dari SPBU. Ketakutan itu timbul lantaran pihak Polisi sudah mulai melakukan penangkapan, seperti yang terjadi beberapa hari lalu.

"Lagi tiarap semua ini mas, lihat situasi dulu, kalau sudah reda baru main lagi," kata sumber kepada batamtoday, Rabu (26/9/2012).

Lima titik SPBU yang kerap dijadikan lahan oleh para mafia solar yakni samping Mall Top100 Tembesi, Genta 3, Simpang Tobing, Simpang Base Camp dan Tanjunguncang terlihat sangat sepi dari antrian mobil khusunya di pompa pengisian solar. Selain itu, beberapa mobil pelansir yang kerap mondar mandir di jalan juga mulai berkurang, sebagian tampak diparkir di beberapa bengkel dan sebagian ada yang disembunyikan.

"Mobil yang biasa digunakan pada disimpan semua lah. Ketiban sial pula, bisa modar saya," ujar sumber dengan rawut wajah kusut.

Disinggung masalah pasokan ke industri, sumber mengaku sudah tak lagi melayani pesanan dua hari terahir ini. Pasalnya, stok yang ada di gudangnya sudah habis, sementara beberapa pelansir tak ada yang datang mengantar solar.

"Saya istirahat dulu dari dunia persilatan ini, barang lagi kosong semua," ungkap pria bertubuh gempal tersebut.