Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ritme Romantis Dalam Album Berbunga-Bunga

La Luna Sesuatu Yang Mengalir Lembut di Kancah Musik Indonesia
Oleh : Sumantri
Senin | 28-02-2011 | 07:18 WIB
La_Luna_-_Berbunga-bunga.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Cover Album La Luna Berbunga-bunga yang release januari 2011

Batam, batamtoday - Semua berawal dari iseng akan kejenuhan bandnya sendiri di pertengahan album 1999. Dua orang mahasiswa Arsitektur ITENAS Bandung yaitu Boyan (drums,dulu Nasi putih1/2) dan Uti (gitar,dulu OOS), membuat band iseng yang bawain lagu-lagu sendiri dengan konsep musik berbeda ama band mereka (yang pada waktu itu lagi vakum). Dan kini La Luna, semakin eksis dengan ritme-ritme romantis, kadang termehek-mehek (tapi nggak alay..), yang kian membuay penikmat musik Indonesia.

Di tahun 2011 ini, La Luna yang sebelumnya 'megang' banget pasar musik Tanah Air dengan Hits nya "Selepas Kau Pergi". Menariknya musik La Luna, menurut para kritikus musik seperti Idang Rosjidi, adalah kesederhanaan yang menjadi tolok ukur. 

"Mereka adalah sekelompok anak muda yang mempunyai visi dan misi dalam bermusik, tidak hanya menjual karya tapi konsisten dengan karya mereka dan dapat dipertanggungjawabkan," ungkap Idang dalam release yang dikirim ke batamtoday, Senin 28 Februari 2011.

Proses pembentukkan La Luna sendiri seperti pada umumnya band-band Indonesia yang memulai pertama kali langkahnya di peta musik Indonesia. Mengirimkan demo dari satu perusahaan rekaman ke perusahaan rekaman lain. Manggung dari satu pesta ke pesta lain, atau sekedar meramaikan panggung musik kampus. Seringkali moment-moment seperti ini, dijadikan pelecut bagi band-band yang akan tumbuh besar.

Grup band yang pada awal karir mereka terdiri dari Boyan, Uti, Erwin, Manik ini, sejak tahun 2006, berubah hanya menjadi tiga personel. Sejak kemunculan mereka dengan hits single 'Selepas Kau Pergi', La Luna sudah mulai diperhitungkan di industri musik Indonesia.

OK, seperti biasa, dengan izin dari Disctara Indonesia yang cabangnya ada di Mega Mall Batam Centre, redaksi batamtoday akan meneliti kekeuatan musik dari La Luna, lewat album baru mereka yang release awal tahun ini, 'Berbunga-Bunga'. Sepertinya tak berlebihan jika mereka menamakan album ini dengan 'Berbunga-bunga' karena memang kabarnya pengerjaan album ini, sangat fun, santai dan rileks.

Album yang dibuka dengan Track Perdana 'Lara Hati' ini memang pas, ibarat takaran, nggak lebih dan nggak kurang. 'Lara Hati' memang lagu sendu, ritme yang lirih mendayu membuat roh lagu ini terasa, sepertinya jika didengar oleh yang benar-benar patah hati, bisa jadi akan menimbulkan efek 'orgasme dalam bermusik'. Susunan lagu untuk album ke dua band asal kota Kembang ini memang patut di acungi jempol, track dengan judul 'Melepakanmu' ini, memang lawan dari hits 'Lara Hati'. Paduan Retro yang khas pemusik Bandung sangat kental terasa pada hits ini.

Next, Track ketiga 'Janji Setia' diawali flash back, kembali kemasa lalu, dimana ada saat dimana kita benar-benar hampa saat kehilangan (lebay....). Dari 12 track, yang disuguhkan, mungkin track ke empat inilah yang paling mendayu-dayu di album ini. harmonisasi nada yang melekat pada vokal Uti, memang bisa membawa lagu ini mempunyai nyawa.

Track ke lima dan ke enam, merupakan refleksi dari albumk 'Berbunga-Bunga', ada nada kesal, senang, kecewa dan tegar pada lirik-lirik yang disajikan.

Dan sepertinya menjadi tipikal musik Indonesia, track demi track yang disuguhkan menjadi sedikit membosankan. Hanya mungkin yang patut di catat adalah kekuatan lagu 'Sesali Tak Sedari Dulu' yang memadukan harmonisasi New Age musik dan sedikit unsur retro. But anyway, keseluruha album ini, kalau menurut saya pribadi, "Layak di Miliki".

Track :List Album Berbunga-bunga:
01. Lara Hati
02. Melepaskanmu
03. Janji Setia
04. Merindu
05. Berbunga-bunga
06. Tersenyumlah
07. Saat Kau Tak Disini
08. Menanti Kekasih baik Hati
09. Tak Mudah Melupakanmu
10. Kau Sahabatku
11. Kau Telah Keliru
12. Sesali tak Sedari Dulu