Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fiorentina Berhasil Tahan Imbang Juventus
Oleh : Redaksi/M/bola
Rabu | 26-09-2012 | 10:02 WIB

FLORENCE, batamtoday - Duel panas antara Fiorentina dan Juventus pada minggu ke-5 Serie A berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Skuad La Viola berhasil menjinakkan perlawanan Juventus dalam 90 menit pertandingan.


Sebaliknya, dengan dukungan penuh suporter di Artemio Franchi, Rabu(26/9/2012) dini hari, membuat Fiorentina tampil lebih agresif. Akan tetapi, disiplinnya pertahanan Juve membuat sejumlah peluang yang diciptakan Viola gagal bersarang di gawang Gianluigi Buffon.

Sama-sama menggunakan formasi 3-5-2 membuat pertarungan keduanya berkutat di lapangan tengah. Akan tetapi, keduanya sama-sama bermain sedikit di belakang. Akibatnya mereka sedikit kesulitan untuk menembus lini belakang masing-masing.

Tendangan dari luar kotak penalti pun menjadi pilihan terbaik. Kondisi ini sedikit menguntungkan La Viola yang lebih banyak memiliki pemain dengan tendangan jarak jauh yang baik. Juve mencoba melalui tembakan Sebastian Giovinco dan tendangan bebas Andrea Pirlo, sedangkan Fiorentina melalui Stevan Jovetic, Romulo dan Manuel Pasqual.

Strategi Fiorentina nampaknya berjalan lebih baik. Mereka berhasil mengunci para pemain tim tamu sehingga tidak begitu nyaman dalam memainkan bola. Dampaknya pun cukup signifikan. Tuan rumah pun lebih banyak mendapatkan peluang-peluang di kotak penalti Juve.

Sebuah insiden terjadi di kotak penalti Juventus. Arturo Vidal melakukan tekel terhadap Pasqual yang sukses memasuki area berbahaya Bianconeri. Mungkin terjadi sedikit kontroversi, namun wasit melihat tekel yang dilakukan cukup bersih karena lebih dulu mengenai bola.

Fiorentina mendapatkan peluang matang pada menit 39. Diawali dari situasi set piece, Adem Ljajic mengirimkan umpan matang yang langsung menemui kepala Stevan Jovetic. Namun sayang tandukannya masih membentur mistar gawang.

Satu menit berselang, Tim Ungu kembali mengancam. Ljajic yang lolos dari jebakan offside langsung masuk ke dalam kotak penalti Juve. Akan tetapi sepakan kaki kanannya masih melenceng di sisi kiri. Skor kaca mata menutup babak pertama.

Babak kedua, Juve berusaha keluar dari tekanan. Akan tetapi anak asuh Vincenzo Montella masih memegang kendali.

Tuan rumah kembali mengancam. Facundo Roncaglia yang tidak begitu terkawal langsung melepaskan tembakan jarak jauh yang masih sedikit melenceng di sisi kanan gawang Gigi Buffon.

Fiorentina kembali mengancam melalui tembakan jarak jauh. Kali ini giliran Cuadrado yang mencoba peruntungannya. Lagi-lagi usaha tuan rumah masih tipis di sisi kanan mistar gawang Juventus.

Pendukung Juventus kembali dibuat tegang. Tandukan Pasqual di dalam kotak penalti hampir saja membuat papan skor berubah. Akan tetapi, fans Tim Putih-Hitam merasa lega sebab bola tersebut masih sedikit melebar sisi kiri gawang Buffon.

Juventus tetap sulit untuk keluar dari tekanan dan gagal menciptakan peluang yang benar-benar mengancam gawang Viviano. Di sisi lain, sejumlah peluang matang Fiorentina juga masih gagal untuk dikonversi menjadi gol. Alhasil hingga peluit akhir dibunyikan papan skor masih tetap statis.