Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pramono Pimpin Upacara Penghormatan Terakhir Jenazah Alm Ondos
Oleh : si
Selasa | 25-09-2012 | 12:38 WIB

JAKARTA, batamtoday - Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung Wibowo memimpin upacara penghormatan terakhir terhadap jenazah almarhum Theodorus Jacob Koekerits (Ondos) yang meninggal dunia karena kecelakaan di Sidoarjo, Jawa Timur.



"Saya mengenal almarhum sejak 1982 lalu, saat sama -sama sebagai mahasiswa ITB. Beliau sejak mahasiswa merupakan aktivis dan merupakan sosok yang cerdas, bersahaja dan bergaul dengan siapa saja," ujar Pramono Anung dalam sambutannya atas nama Dewan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (25/9/2012).

Pramono menilai, Theodorus Jacob Koekerits, merupakan anggota yang hidup bersahaja dan tidak neko-neko. Saking bersahajanya, meski Theodorus Koekerits menjabat dua periode di Banggar, untuk merenovasi rumahnya saja tidak mampu sehingga saya membantunya.

”Saking bersahajanya, meski Theodorus Koekerits menjabat dua periode di Banggar, untuk merenovasi rumahnya saja tidak mampu sehingga saya membantunya. Itu mencerminkan bahwa ia selama menjadi Dewan hidup dalam kesederhanaan," ujarnya.

Pramono mengatakan, Theodorus Koekerits merupakan anggota Komisi I dan Badan Anggaran yang gigih dan tekun dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

"Semua tugas dan tanggung jawab yang diberikan pada almarhum  Theodorus Koekerits selalu dikerjakan dan diselesaikan dengan baik. Karena itu Dewan dan Fraksi PDIP sangat kehilangan terhadap sosok yang bersahaja tersebut," tegasnya.

Lebih lanjut Pramono mengatakan, Theodorus Koekerits merupakan anggota Dewan yang tidak banyak bicara di media, namun merupakan pekerja keras. Ini dapat dilihat, hampir setiap akhir pekan (Jumat-Sabtu-Minggu) dia pulang ke dapilnya, untuk kepentingan menemui konstituennya dan menyerap aspirasi.

"Theodorus Koekerits merupakan salah satu anggota Dewan, yang bisa bilang sangat rajin menemui konstituennya. Dilakukan hampir setiap akhir pekan," ujar Pramono.

Jumat (21/9) pekan lalu, Theodorus masih mengikuti rapat Panja Asumsi Dasar, Defisit, dan Pendapatan Badan Anggaran (Banggar) dengan pemerintah. Sebelumnya, dalam rapat Banggar pada Rabu (19/9), Theodorus sempat menyampaikan interupsi tentang pertambahan jumlah motor dan mobil.

Theodorus adalah anggota DPR dari Dapil Jawa Timur VI yang meliputi Kabupaten Tulungagung, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar. Dia  dilahirkan di Makassar, Sulawesi Selatan, 9 Februari 1962. Theodorus menjadi anggota DPR sejak periode 2004-2009.

Theodorus Jacob Koekerits yang akrab disapa Bung Ondos (50 tahun) meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan lalu lintas di tol Porong arah Surabaya dalam perjalanan kembali ke Jakarta. Kecelakaan terjadi di kilometer 29,5, pada Senin (24/9) dini hari pukul 03.14 WIB. Korban mengembuskan napas terakhir saat dilarikan ke RS Delta Surya, Sidoarjo. Mobil Nissan Patrol nopol B 15 VY yang dikendarai Ondos bersama sopirnya ringsek. Diduga menabrak belakang sebuah truk.
 
Pendidikan S-1 ditempuh di Jurusan Teknik Geologi Fakultas Tenik Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung. Dia juga pernah aktif di Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia

Setelah dilakukan upacara penghormatan terakhir, Pramono atas nama DPR RI menyerahkan jenazah almarhum kepada keluarganya, untuk selanjutnya dibawa ke rumah duka di Tangerang, Banten