Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Penutupan Operasi Lilin Seligi 2023 di Bintan, Satgas Optimal Pelayanan di Tempat Wisata dan Pelabuhan
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 03-01-2024 | 15:52 WIB
Roro-Uban.jpg Honda-Batam
Satgas Operasi Lilin Seligi saat memberikan pelayanan di Pelabuhan Roro Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Selasa (2/1/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Menjelang penutupan Operasi Lilin Seligi 2023, Polres Bintan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya wilayah penyeberangan dan tempat wisata.

Kasi Humas Polres Bintan, Iptu Missyamsu Alson, menyampaikan Selasa (2/1/2024) diperkiraan puncak arus balik libur Tahun Baru 2024 di wilayah Bintan sehingga Satgas operasi khususnya pada Pos Pelayanan Bulang Linggi dan Pos Terpadu ASDP di Tanjunguban bekerja ekstra keras.

"Kita perkirakan puncak arus balik masyarakat saat libur tahun baru 2024 pada hari ini, hingga malam hari," beber Iptu Alson.

Masyarakat yang meninggalkan Pulau Bintan maupun yang datang ke Pulau Bintan di perkirakan akan banyak hingga malam hari sesuai dengan jadwal kapal penyeberangan Roro.

"Personel gabungan yang ada di Pos Pelayanan dan Pos terpadu dari Polri, TNI dan instansi terkait lainnya akan standby dan siaga melayani masyarakat hingga selesainya jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal Roro dari Tanjunguban ke Batam dan sebaliknya," jelasnya.

Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban tercatat sebanyak 22 kali pemberangkatan Speed boat menuju Batam dengan penumpang sebanyak 477 orang. Demikian juga dengan kedatangan speed boat penumpang sebanyak 22 kali kedatangan dengan jumlah penumpang yang datang sebanyak 497 orang.

Sementara itu, penyeberangan Pelabuhan Roro hingga ssaat ini tercatat 7 kali pemberangkatan dengan jumlah penumpang 455 orang, sedangkan kendaraan roda 2 sebanyak 386 unit, kendaraan roda 4 sebanyak 208 unit, kendaraan roda 6 sebanyak 30 unit meninggalkan Pulau Bintan.

Untuk kedatangan kapal Roro dari Batam ke Tanjungubang sebanyak 7 kali dengan jumlah penumpang 457 orang, sedangkan kendaraan roda 2 sebanyak 339 unit, kendaraan roda 4 sebanyak 223 unit, kendaraan roda 6 sebanyak 12 unit.

Jadwal keberangkatan terakhir kapal Roro dari Tanjunguban ke Batam pukul 20.00 WIB, sedangkan kedatangan kapal Roro terakhir dari Batam diperkirakan sekitar pukul 21.00 WIB. "Kami berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang akan meninggalkan Pulau Bintan maupun masyarakat yang datang ke Pulau Bintan, dan personel gabungan yang bertugas akan memberikan pelayanan dengan ikhlas sehingga diharapkan tidak ada keluhan dari masyarakat," katanya.

Iptu Alson mengimbau kepada masyarakat yang akan meninggalkan Pulau Bintan maupun yang akan datang ke Pulau Bintan dengan menggunakan angkutan umum agar berhati-hati dan ikuti saran dari petugas.

"Utamakan keselamatan dalam berlayar dan jangan paksakan jika armada penyeberangan sudah penuh," imbaunya.

"Apalagi sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pemilu 2024, kepada masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih agar menggunakan hak pilihnya pada waktu yang telah ditetapkan," tutup Iptu Alson.

Editor: Gokli