Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Pasar Jelang Tahun Baru, Jefridin: Ini Zero APBD, Murni Kerja Sama dengan Distributor
Oleh : Aldy
Jum\'at | 29-12-2023 | 15:00 WIB
AR-BTD-3617-Jefridin.jpg Honda-Batam
Sekda Batam, Jefridin Hamid (tengah) bersama Kadis Perindag Batam, Gustian Riau (kiri) dan Ketua Assosiasi Distributor Kota Batam, Ariyanto (kanan), saat Operasi Pasar Murah di Villa Pesona Asri, Batam Center, Jumat (29/12/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang penutupan tahun 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar operasi pasar murah bahan pokok (Bapok) sekaligus melaunching Mobil Pasar Keliling di Fasum Villa Pesona Asri, Batam Center, Jumat (28/12/2023) pagi.

Kegiatan tersebut digelar hanya satu hari dan dihadiri langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, dan instansi terkait lainya, serta Ketua Distributor Kota Batam, Ariyanto.

"Di sini saya tegaskan, kegiatan ini zero APBD, ini murni kerja sama kami dengan para distributor Batam yang selama ini turut membantu dalam menekan inflasi," ucap Jefridin Hamid, di sela opersi pasar murah.

Jefridin menjelaskan, harga bahan pokok pada opersi pasar ini, di bawah harga pasar. Hal ini bertujuan sedikit membantu masyarakat pada penghujung tahun 2023.

Menurutnya, kegiatan seperti ini, bukan kali ini saja digelar. Namun, Pemko Batam sudah memiliki jadwal tersendiri terkait program pasar murah seperti ini.

"Di sini bisa dilihat langsung, seperti harga daging sapi Rp 65 ribu per kilogram, kalau di pasar itu Rp 80-90 ribu per kilogram. Semua di sini di bawah harga pasar," ungkap Jefridin, sambil membagikan daging secara gratis kepada sejumlah lansia.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau, menyebutkan menjelang penutupan tahun, semua jenis bahan pokok tersedia pada pasar murah kali ini. Ada 30 distributor yang ambil bagian, termasuk sejumlah agen Gas LPG 3 Kilogram bersubsidi juga ikut berpartisipasi.

"Khusus untuk cabe dan sayur mayur, kami bekerja sama dengan ketahanan pangan, harga cabai sudah mulai turun hari ini," katanya.

Gustian menambhakan, untuk semua jenis bahan pokok, tidak ada batasan pembelian bagi masyarakat. Distributor akan menambah komoditi yang diperlukan masyarakat jika sudah habis. Gelaran pasar murah yang hanya satu hari ini, akan berlangsung hingga sore hari atau jika masyakarat sudah sepi.

"Termasuk gas LPG 3 kilogram, kita tidak batasi, kalau habis, kita minta agen suruh antar lagi," pungkasnya.

Editor: Gokli