Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keselamatan Berlalulitas akan Jadi Pelajaran di Sekolah
Oleh : hz/ypn
Jum'at | 21-09-2012 | 11:03 WIB

BATAM, batamtoday - Keselamatan berlalulintas (Safety Riding) akan segera diajarkan dalam kurikulum mata pelajaran sekolah di Batam,  setelah ditanda tangani MoU antara pihak Satlantas Polresta Barelang dengan Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Batam, Kamis (20/9/2012).


Sebelumnya, hampir selama tiga bulan wacana memasukkan teori Safety Riding berlalu lintas ke kurikulum mata pelajaran yang diajarkan di sekolah digodok oleh pusat dalam hal ini Dirlantas Mabes Polri.

"MoU sudah kami laksanakan. Berarti secara sah, teori safety Riding akan masuk dalam ajaran mata pelajaran di sekolah," ujar Kasatlantas Polresta Barelang, Komisaris Suka Irawanto kepada batamtoday, Jumat (21/9/2012).

Suka menambahkan, Teori Safety Riding nantinya akan digabungkan dan diajarkan kepada siswa sekolah kedalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) mulai dari siswa baik tingkat dasar hingga menengah atas.

Disinggung batamtoday apakah  tujuan yang ingin dicapai dalam memasukkan teori Safety Riding kedalam kurikulum mata pelajaran di sekolah ini, Suka menegaskan, tujuannya adalah, agar dari dini para siswa-siswi disekolah tahu aturan dalam berlalulintas yang aman bagi diri sendiri maupun pengendara lainnya  sesuai aturan Undang-Undang lalulintas.

"Mayoritas jumlah pelanggar lalulintas kan para remaja yang masih duduk dibangku sekolah. Untuk itu, kami dari kepolisian ingin meminimalisir hal itu dengan memasukkannya kedalam kurikulum mata pelajaran yang akan diajarkan di sekolah," terangnya.

Secepatnya, lanjut Suka, semua materi Safety Riding yang akan diajarkan ke siswa sekolah itu segera didistribusikan ke seluruh sekolah-sekolah di Batam.

"Kami dari kepolisian tetap akan membimbing para guru agar bisa memahami teori Safety Riding itu. Apabila sudah paham, nantinya para guru akan lebih mudah memberikan materi Safety Riding kepada anak didik sekolah secara benar dan efektif," pungkas Suka.