Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaringan Internet di Anambas Bakal Terganggu
Oleh : jon/ypn
Kamis | 20-09-2012 | 16:51 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Jaringan koneksi internet dalam minggu ketiga sampai kelima bulan September ini bakal terganggu di Anambas akibat rotasi satelit dengan matahari.


"Sesuai dengan informasi yang disampaiakan oleh PT Pasifik Satelit Nusantara yang merupakan rekanan kita, beberapa wilayah akan memasuki wilayah masa Sun Transit atau Sun Outage yang merupakan fenomena alam. Dimana posisi relatif matahari terhadap satelit dan antena penerima sinyal satelit berada pada posisi garis lurus atau sejajar," ujar Sekretaris Dinas Informasi dan komunikasi Pemkab Anambas, Agus Supratman kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (20/9/2012) 

Agus Supratman menjelaskan, akibat sejajarnya satelit dengan satelit penerima maka akan terjadi gangguan namun tidak mati secara total.

"Hanya gangguan, tidak mati total, masih bisa saja akses lambat dan tidak ada koneksi karena gangguan tersebut tapi beberapa saat kemudian bisa lagi diakses. Intinya ketika katahari sejajar dengan satelit penerima maka jaringan akan terganggu setelah itu bisa akses lagi seperti semula," katanya.

Menurut Agus, untuk kejadian seperti gangguan sinyal telepon dan internet bisa saja terjadi ketika matahari dan satelit sejajar. Dinas Infokom menyampaikan agar pengguna jasa jangan langsung panik atas adanya gangguan tersebut.

"Kami menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan internet dan telepon jika ada gangguan jangan panik dan hal seperti ini sudah biasa terjadi," katanya.