Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serap Aspirasi Pelaku Wisata, BIJB Sambangi Batam dan Perkenalkan Bandara Kertajati
Oleh : Aldy
Rabu | 29-11-2023 | 15:48 WIB
Serap-Aspirasi.jpg Honda-Batam
Direktur Utama PT BIJB Kertajati, Muhammad Singgih, dalam forum diskusi 'Terbang Asyik Melalui Bandara Kertajati' di Ballroom HARRIS Hotel Batam Center, Rabu (29/11/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Manajemen PT Badara Internasional Jawa Barat (BIJB) --pengelola Bandara Kertajati-- menyambangi Kota Batam untuk menyerap aspirasi dari pelaku usaha wisata serta warga Jawa Barat di Batam.

Kegiatan tersebut digelar dalam bentuk forum diskusi dengan mengangkat tema 'Terbang Asyik Melalui Bandara Kertajati' di Ballroom HARRIS Hotel Batam Center, Rabu (29/11/2023).

Direktur Utama PT BIJB Kertajati, Muhammad Singgih, mangatakan, Bandara Kertajati telah resmi beroperasi untuk mengakomodir penumpang pesawat yang ingin berkunjung ke sejumlah wilayah di Jawa Barat.

Tak hanya Jawa Barat, melalui Bandara Kertajati, para penumpang dengan tujuan Jawa Tengah bagian Barat juga bisa menjajal bandara yang terbilang masih anyar di Indonesia tersebut.

"Majalengka dari Bandung hanya 45 menit, dari pusat kota kurang lebih 1 jam 10 menit. Kota-kota di sekitar bandara ada Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal, Karawang, dan lain sebagainya, juga bisa terjangkau. Maka dari itu, penumpang yang ingin ke kota-kota tersebut paling baik kalau melalui Bandara Kertajati," ujar Singgih.

Lanjut Singgih, bandara yang mengusung konsep aerocity dan berada di atas lahan 1.800 hektare ini memiliki fasilitas yang cukup mumpuni, di antaranya runway sepanjang 60 x 3000 meter, luas terminal penumpang 121 ribu meter persegi, dan terminal kargo 90 ribu meter persegi, serta ruang tunggu penumpang yang megah dan nyaman.

Untuk fasilitas penunjang Bnadara, di area tersebut ada dua hotel besar yaitu Horizon Ultima Kertajati dan Fieris Kertajati. Selain itu, fasilitas moda transportasi juga ada berbagai pilihan untuk ke kota lain.

Melihat banyaknya warga Jawa Barat yang ada di Kota Batam, Singgih menilai, potensi penumpang dari Batam menuju Bandara Kertajati cukup besar. Arus masuk orang ke daerah Jawa Barat pun cukup banyak, tetapi selama ini, sebagian besar penumpang masih memilih melewati Bandara Soekarno-Hatta.

"Para penumpang saat ini mungkin masih ragu mempertimbangkan akses menuju daerah-daerah yang dituju dari Kertajadi, tapi sebenarnya kami sudah menyediakan fasilitas antar moda transportasi yang cepat, efisien, dan terjangkau," jelas Singgih.

Ia menambhakan, sejak awal beroperasi pada 29 Oktober 2023 lalu, Bandara Kertajati sudah melayani rata-rata dua ribu penumpang per hari. "Targetnya, di tahun 2024, akan masuk 1,6 juta penumpang, lalu di tahun 2025 ada 3,7 juta penumpang, hingga di tahun 2030 akan ada 8 juta penumpang masuk melewati Bandara Kertajati," katanya.

Sementara Ketua Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia, Alvin Lie, menilai beroperasinya Bandara Kertajati dapat menjadi keuntungan bagi kedua belah pihak, baik Jawa Barat maupun Batam.

Ia menyarankan, selain gencar melakukan promosi yang mengangkat keunggulan Bandara, Bandara Kertajati juga harus menonjolkan potensi-potensi wisata yang ada di Jawa Barat dalam promosinya.

"Potensi wisata di sana luar biasa, baik itu pemandangan alam, kuliner, kesenian budaya, serta produk-produk lokal yang sangat menarik," ujar Alvin.

Hadir sebagai tamu undangan, Direktur PT Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah, menyampaikan acara serap aspirasi ini dinalai sangat penting, sebab, Kertajati merupakan destinasi Kota Batam. Dengan konektivitas ini, akan menguntungkan Kota Batam.

Untuk saat ini ada satu klai penerbangan dalam satu hari. Dari Batam ke Kertajati di pagi hari, lalu dari Kertajati ke Batam itu sore hari.

"Saat ini masih dikisaran 180 penumpang sekali terbang. Masih terbilang stabil, dari sini agak kurang, tetapi dari Kertajati itu ada peningkatan," kata Pikri Ilham Kurniansyah.

Editor: Gokli