Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Layanan Contact Center BI Bicara 131 Terima 760 Aduan dan 8.600 Interaksi per Bulan
Oleh : Aldy
Kamis | 16-11-2023 | 14:04 WIB
BI-Bicara.jpg Honda-Batam
Kepala Tim Layanan Informasi Publik Bank Indonesia, Sylvia Sri Mustika, saat menjelaskan terkait Layanan Contact BI Bicara 131, Kamis (16/11/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Layanan Contact Center BI Bicara 131, bisa menerima aduan atau case sebanyak 670 aduan dan 8.600 interkasi dari masyarakat setiap bulannya.

Aduan masyarakat melalui aplikasi WhatsApp masih didominasi terkait hal umum. Misalanya, tempat penukaran uang nilai tukar atah yang lainya yang bersifat umum, aduan yang melalui WhatsApp mencapai 89 persen, melalui Facebook 10 persen dan Line 1 persen.

Kepala Tim Layanan Informasi Publik Bank Indonesia, Sylvia Sri Mustika, manyampaikan dari 8.600 interaksi per bulan ini didominasi permasalahan ketidakpahaman konsumen akan produk-produk layanan perbankan.

Selain itu, ada juga laporan akan adanya indikasi pelanggaran serta kerugian finansial atau potensi kerugian finansial yang berdampak langsung kepada konsumen. "Dari itu semua secara garis besarnya, permohonan informasi yang bersifat umum ada sekitar 80 persen. Dan sisanya 20 persen ke pengaduan atau komplain," ujar Sylvia, Gedung Bank Indonesia, Tamrin, Jakarta, Kamis (16/11/2023) pagi.

Sylvia menyebutkan, masyarakat dapat mengajukan pengaduan kepada Bank Indonesia dalam dua cara, yaitu pengaduan secara langsung dan tidak langsung.

Pengaduan kepada Bank Indonesia dapat disampaikan apabila konsumen telah menyampaikan pengaduan kepada penyelenggara dan menerima tanggapan dari penyelenggara. "Pengaduan secara langsung masyarakat dapat dilakukan melalui Kantor Pusat Bank Indonesia (Visitor Center BI Bicara). Sementara yang tidak langsung bisa disampaikan melalui surat ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia terdekat," pungkasnya.

Editor: Gokli