Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menparekraf Ajak Perusahaan Vokasi Singapura Investasi Tingkatkan SDM Digital Indonesia
Oleh : Redaksi
Senin | 13-11-2023 | 13:12 WIB
13-11_Sandi-uno-spore-1_0998818172.jpg Honda-Batam
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berserta jajaran, saat pertemuan dengan beberapa perwakilan dari Infinite Learning di Singapura, Kamis (9/11/2023). (Kemenparekraf)

BATAMTODAY.COM, Singapura - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, bertemu dengan perwakilan dari Infinite Learning, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan multimedia di Singapura, Kamis (9/11/2023.

Pertemuan tersebut untuk menjajaki peluang kerja sama dalam memperkuat pendidikan vokasi dalam upaya pengembangan SDM digital di Indonesia, sehingga nantinya mampu mendukung penciptaan lapangan kerja.

Menparekraf Sandiaga, usai pertemuan dengan beberapa perwakilan dari Infinite Learning di Singapura, menjelaskan, ada gagasan konsep kerja sama yang melibatkan Royal Melbourne Institute of Technology Singapura dengan menggaet Poltekpar sebagai bagian dari vocational training untuk menciptakan terobosan-terobosan di sektor animasi, film, dan gim.

"Kami bertemu dengan Infinite Learning dalam rangka meningkatkan kualitas SDM sehingga bisa membangun kekuatan ekosistem digital di lingkungan Poltekpar. Indonesia masih kekurangan 200 ribu talenta digital per tahunnya yang harus dihasilkan untuk mengoptimalkan potensi digital yang ada," kata Sandiaga, demikian dikutip laman Kemenparekraf.

Menparekraf menjelaskan, Pemerintah Indonesia sedang membuat Peraturan Presiden untuk pengembangan gim lokal yang nantinya akan mendorong peran swasta untuk menciptakan SDM talenta digital. Ke depan ditargetkan ada penciptaan 9 juta talenta digital hingga tahun 2035 atau 600 ribu talenta digital setiap tahunnya.

Menparekraf berharap langkah ini akan memperluas peluang dan lapangan kerja baru di Tanah Air. "Saya menyampaikan terima kasih dari Pemerintah Indonesia kepada pihak swasta yang telah berinovasi dan berkolaborasi dalam mengembangkan SDM tanah air sehingga mendongkrak performa sektor ekonomi kreatif di tanah air demi kebangkitan ekonomi," ujarnya.

Bertemu Aman Group

Setelah bertemu dengan Infinite Learning, Menparekraf dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Singapura juga bertemu dengan perwakilan Aman Group untuk membahas pembangunan resort baru di Indonesia. "Ini adalah sebuah pendekatan kolaboratif dimana pemerintah bisa mengajak investor swasta berinvestasi untuk menciptakan beberapa peluang membuka lapangan kerja," ujar Sandiaga.

Menparekraf menjelaskan Aman Group membidik pembangunan resort baru di beberapa titik seperti di Sumba, Labuan Bajo, dan Belitung. "Harapannya kita bisa mengajak investor dari Aman Group yang tidak perlu disangsikan lagi komitmen mereka untuk bisa berkembang mendukung fasilitas pariwisata berkelanjutan di Indonesia," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut Menparekraf didampingi Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani; Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, serta perwakilan dari KBRI Singapura.

Editor: Gokli