Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Targetkan 8 Ribu Sehati di 2024

Sukses Gelar Gebyar UMKM 2023, Jefridin Serahkan 500 Sertifikat Halal
Oleh : Aldy
Senin | 13-11-2023 | 12:52 WIB
UMKM-Halal.jpg Honda-Batam
Sekda Batam, Jefridin Hamid saat menyerahkan piagam pengehargaan kepada pelaku UMKM di malam puncak Gebyar UMKM Batam 2023, Minggu (12/11/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid menghadiri malam puncak Gebyar UMKM Kota Batam 2023, yang dipusatkan di Dataran Engku Putri, Minggu (12/11/2023).

Pada kesempatan itu, Sekda Jefridin Hamid juga menyerahkan 500 sertifikat halal untuk pelaku UMKM Kota Batam.

Gebyar UMKM ini sudah digelar selama empat hari, sejak 9 November 2023 lalu. Acara disejalankan dengan penyerahan 500 sertifikat halal untuk pelaku UMKM di Kecamatan Sungai Beduk dan Nongsa, yang merupakan bagian dari Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) 2023, oleh Halal Center Cendekia Muslim.

Sekda Jefridin menyampaikan, Pemko Batam mendukung penuh Program Sehati yang menargetkan sepuluh juta sertifikat halal se-Indonesia. Sementara untuk di Kota Batam, hingga tahun 2024 nanti menargetkan ada delapan ribu sertifikat Sehati.

"Semoga target sepuluh juta sertifikat halal dapat tercapai. Sehingga sesuai ketentuan seluruh pelaku UMKM di Kota Batam tahun 2024 nanti sudah mengantongi sertifikat halal," harapnya.

Dihadiri Wakil Gubernur Kepri, Hj Marlin Agustina, sebanyak 250 pelaku usaha dari sektor kuliner, makanan basah, minuman, produk kemasan, fashion dan craft turut berpartisipasi dalam Gebyar UMKM 2023 ini dengan membuka stand bazar. Rangkaian kegiatan selama empat hari juga diisi dengan workshop untuk 100 siswa-siswi SMA/SMK se-Kota Batam.

"Apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, luar biasa semoga kegiatan positif serupa dapat terus berlanjut ke depannya," kata Jefridin Hamid.

Turut memeriahkan bazar UMKM, pada acara puncak disuguhkan panggung hiburan untuk mengenalkan hasil produk pelaku usaha di Kota Batam. Di antaranya melalui peragaan produk atau fashion show hasil workshop, lomba foto dan video produk. Juga diberikan penghargaan kepada usaha-usaha mikro unggulan tahun 2023.

"Luar biasa kegiatan ini juga mudah-mudahan semakin meningkatkan perekonomian UMKM kita. Ini terus dibina terutama untuk anak-anak kita yang menggeluti sektor batik, rajut, ecoprint, pengrajin gonggong dan pengrajin daur ulang," pungkas Jefridin.

Editor: Gokli