Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik Bintan Serahkan 5 Pasang Seragam Sekolah Gratis Siswa Baru
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 08-11-2023 | 16:04 WIB
Seragam-sekolah-bintan1.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bantuan seragam sekolah gratis siswa TK, SD, Mts se Kabupaten Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan menyerahkan secara simbolis seragam sekolah gratis untuk siswa baru TK, SD, Mts se Kabupaten Bintan, di SDN 003 Bintan Timur, Kijang, Rabu (8/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut hadir Bupati Kab Bintan, Roby Kurniawan, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Anggota DPRD Bintan, Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir, Kepala Dinas DP3KB, Kepala Dinas Sosial Kab Bintan, Kepala Sekolah TK, SD, MTs se Kab Bintan , Camat Kab Bintan Timur , Lurah se Kec Bintan Timur, serta tokoh agama.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir mengatakan program ini merupakan Program Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan untuk upaya mengakomodir dan membantu meringankan orang tua murid.

Tamsir mengucapkan berterimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah mau membantu pihaknya dalam program pendidikan.

"Kami harap dengan adanya bantuan ini sedikit bisa membantu meringankan beban orang tua murid serta bisa membuat para murid bersemangat sekolah dengan menggunakan seragam baru," katanya.

Sementara itu Bupati Bintan, Roby Kurniawan dalam sambutannya menjelaskan program pendidikan ini diberikan untuk TK sebanyak 334 siswa untuk SD maupun Mi sebanyak 3.072 siswa dan untuk SMP maupun MTs sebanyak 3.300 siswa

Program ini tentu bermaksud untuk mendukung program pendidikan wajib belajar 9 tahun dan kalau dihitung lalu mulai dari TK berarti lebih dari 9 tahun, hal ini bertujuan bahwa pemerintah kedepannya ia ingin melihat sebuah kemajuan besar di Kabupaten bintan.

"Maka dari itu tentunya Pemerintah Kabupaten Bintan harus melakukan investasi- investasi di bidang pendidikan untuk dapat membantu meringankan beban orang tua yang ada di Kabupaten Bintan," jelasnya.

Roby Kurniawan menambahkan kedepannya tentu harus terus mengevaluasi yang mana dirinya melihat terjadi rentang waktu yang cukup jauh disaat anak-anak masuk di bulan ajaran baru pada Juli lalu.

"Dan hari ini baru menerima bantuan seragam sekolah di bulan November sehingga orang-orang tua tetap harus beli baju baru untuk anak-anak itu," tambahnya.

Selanjutnya Roby juga mengatakan pemerintah tidak bisa menghitung angka pasti dan terjadi keterlambatan bantuan seragam kepada anak didik.

Roby berharap hal ini dapat dievaluasi kedepannya. Dimana tahun sebelumnya 2021 siswa menerima 2 stel baju seragam sekolah

"Alhamdulillah tahun ini bertambah menjadi 5 stel baju terdiri dari baju osis, baju olahraga, baju kurung, baju batik dan baju pramuka," ucap Roby.

Kemudian di tahun 2024 Pemkab Bintan sudah menganggarkan untuk tambahan sepatu untuk PAUD, tas sekolah untuk anak SD, Sepatu dan tas untuk siswa SMP.

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan meringankan orang tua serta semoga anak-anak di Kab bintan menjadi lebih semangat untuk menuntut ilmu," pungkas Roby.

Editor: Yudha