Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PasarPolis Terus Ciptakan Inovasi Baru Melalui PasarPolis Mitra
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 07-11-2023 | 09:40 WIB
7-11_pasar-polsi-mitra_019381371.jpg Honda-Batam
PasarPolisi Mita. (Foto: Istimewa)

PasarPolis terus membangun inovasi baru untuk mempermudah layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia, sehingga mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam berasuransi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, sektor asuransi di Indonesia belum mengalami perkembangan yang cukup siginifikan. Tercatat oleh OJK pada tahun 2021 tingkat penetrasi asuransi baru mencapai 3,18%, dan pendapatan premi hanya tumbuh 0,44% pada November 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap produk asuransi karena proses klaim yang rumit, premi yang mahal, akses terbatas, dan risiko gagal bayar.

Namun, perkembangan teknologi memberikan harapan baru. Dengan memanfaatkan big data, machine learning, dan Artificial Intelligence, insurtech diharapkan dapat mengatasi permasalahan ini dengan mempercepat proses penilaian risiko dan klaim, serta menyediakan produk yang lebih disesuaikan dan pelayanan yang lebih mudah diakses.

Salah satu pelopor insurtech di Indonesia, PasarPolis, memperkenalkan inovasi-inovasi dan teknologi yang diciptakan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lancar dalam memilih produk asuransi dan cepat dalam mengajukan klaim.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2020, jalur distribusi utama PasarPolis, yaitu platform PasarPolis Mitra, telah berhasil dalam berkontribusi meningkatkan inklusi dan penetrasi asuransi di Indonesia. Dengan lebih dari 11.000 pengguna, 11 mitra penyedia asuransi, dan cakupan distribusi di lima kota besar (Jakarta, Surabaya, Solo, Semarang, Bandung), PasarPolis Mitra telah membuktikan bahwa masa depan asuransi di Indonesia sangat cerah.

Michael Saputra, Chief Operating Officer PasarPolis, mengatakan, PasarPolis sebagai perusahaan insurtech di Indonesia, terus berkomitmen untuk tetap fokus pada PasarPolis Mitra sebagai salah satu jalur distribusi utama PasarPolis.

"Melalui PasarPolis Mitra, perusahaan terus berupaya untuk membangun ekosistem terintegrasi yang dapat memberikan pengalaman pendistribusian produk asuransi yang tepat sasaran dan efektif," ungkap Michael Saputra dalam keterangannya, Selasa (7/11/2023).

Ditambahkan, perusahaan akan terus membangun inovasi baru untuk mempermudah layanan untuk seluruh masyarkat Indonesia, sehingga dapat mudah digunakan dan aman.

"Saya juga bangga mengatakan bahwa sejak PasarPolis Mitra berdiri, kami berkomitmen teguh untuk menyederhanakan proses asuransi bagi seluruh mitra kami.

Menurutnya, hal ini dapat dicapai dengan terus berinovasi demi memastikan terciptanya pengalaman berasuransi para Mitra atau pengguna platform yang jauh lebih efektif, simpel dan menyenangkan.

Hasil dari inovasi yang dimaksud di antaranya terwujud dalam proses pencairan insentif secara instan, penerbitan polis secara real-time, dan pemrosesan klaim yang efisien.

"Kami akan terus membangun platform kami, menjadikan pengalaman Mitra 10 kali lebih baik - sehingga bersama-sama kita dapat memproteksi lebih banyak lagi aktivitas sehari-hari masyarakat dengan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen," ujarnya.

Penggunaan platform PasarPolis Mitra juga berkontribusi terhadap pendistribusian produk asuransi dari berbagai partner penyedia asuransi yang bekerjasama dengan PasarPolis Insurance Broker, antara lain TapInsure, Allianz, Zurich, SeaInsurance, Sinarmas dan lainnya.

Seluruh pengguna platform PasarPolis Mitra juga didorong untuk memaksimalkan program edukasi dan pelatihan yang disediakan oleh PasarPolis agar mereka memiliki pemahaman mendalam mengenai produk yang tersedia dalam interaksi offline. Selain itu, sebagai bagian dari program edukasi Mitra, PasarPolis mengirimkan buletin dua mingguan yang berisi wawasan seputar asuransi dan informasi kegiatan Perusahaan.

Seiring dengan perjalanan tahun ketiga PasarPolis Mitra, pihaknya ingin menyoroti peran penting asuransi dalam melindungi keseharian masyarakat dan membuka peluang mata pencaharian ekstra bagi siapapun yang ingin bergabung dengan PasarPolis Mitra.

"Upaya inovasi berkelanjutan yang dilakukan melalui platform ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dengan Mitra, menyempurnakan proses, dan memberikan pemrosesan klaim secara instan. Kami akan senantiasa memperkuat komitmen kami untuk menciptakan peluang finansial bagi semua," tambah Michael.

Editor: Gokli