Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MAPI Catat Pertumbuhan Berkelanjutan untuk 9M'23
Oleh : Redaksi
Senin | 30-10-2023 | 19:49 WIB
MAP2.jpg Honda-Batam
PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), peritel multi-channel branded commerce terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan pertumbuhan kinerja dan laba bersih untuk periode 9M 2023, menunjukkan momentum yang stabil pada sebagian besar unit bisnis Perusahaan.

Sepanjang periode 9M, pendapatan bersih MAPI tumbuh sebesar 26,4% YoY menjadi Rp 23,8 triliun dari Rp 18,8 triliun, dengan margin laba kotor naik menjadi 45,6% dari 45,1% pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Laba usaha naik 17,8% YoY menjadi Rp 2,6 triliun, dan EBITDA mencapai Rp 4,4 triliun, peningkatan dari Rp 3,9 triliun yang tercatat pada periode yang sama di 2022. Tanpa one-ome gain dari divestasi Burger King senilai Rp 309 miliar (setelah pajak) yang terjadi pada Q1'22, laba inti yang mewakili kinerja operasional Perusahaan melonjak 20,2% YoY menjadi Rp 1,8 triliun.

Pada kuartal ketiga, MAPI mencatat peningkatan pendapatan bersih sebesar 24,7% YoY menjadi Rp 8,2 triliun dari Rp 6,6 triliun. GPM sedikit menurun ke 46,2% dari 46,5%, sementara laba usaha dan EBITDA masing-masing tercatat sebesar Rp832 miliar dan Rp1,4 triliun. Pada bo3om-line, laba bersih MAPI mengalami peningkatan menjadi Rp577 miliar, dibandingkan Rp 569 miliar yang tercatat di tahun sebelumnya.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communica]ons, and Sustainability MAP Group menyatakan, "Selama periode ini, kami melihat pertumbuhan solid di seluruh Grup, didukung oleh model bisnis multi-brand MAPI yang beragam dan ketahanan basis konsumen. Secara umum, kami juga mengamati tren positif dalam indikator makroekonomi secara keseluruhan. Target utama
kami, terutama di segmen menengah ke atas, juga telah menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen berkat fondasi yang kuat. Faktor-faktor ini mendorong peningkatan jumlah pengunjung dan permintaan konsumen terhadap produk kami."

MAPI secara konsisten telah mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang berkunjung ke gerai. Periode "Back to School" pada bulan Juli mendapat tanggapan posi]f, dan momen ini menunjukkan kemampuan Perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya secara efek]f. Selain itu, MAPI terus fokus untuk membangun kemitraan strategis dengan sejumlah brand internasional
terkemuka. Perusahaan memperkuat keberadaannya dengan membuka gerai Zara pertama di Makassar. Di luar Indonesia, MAPI juga meluncurkan gerai Zara pertama di Kamboja, serta gerai Foot Locker pertama di Thailand dan Vietnam, menjadikan MAPI sebagai salah satu destinasi utama untuk fashion dan sportswear premium di negara-negara tersebut.

Sebagai pengakuan terhadap kinerja Perusahaan, baik MAPI maupun PT Map Ak]f Adiperkasa Tbk (MAPA) telah masuk ke dalam indeks-indeks utama - MAPI di IDX LQ45 dan MAPA di Indeks FTSE (Financial Times Stock Exchange) Global Equity dan Indeks FTSE Global Equity Shariah. Hal ini menjadi bukti atas kekuatan keuangan dan dominasi pasar dari MAP Group.

"Kinerja MAPI dalam sembilan bulan tahun 2023 mencerminkan komitmen Perusahaan yang mendalam untuk memahami dan melayani kebutuhan yang terus berkembang dari beragamnya konsumen kami. Dengan memanfaatkan plaiorm multi-channel, meningkatkan program digitalisasi, dan meningkatkan penggunaan data analytics, MAPI siap untuk pertumbuhan berkelanjutan di tengah industri ritel yang dinamis," ungkap Ratih menyimpulkan.

Editor: Yudha