Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perusahaan Konglomerasi Asal Korea Selatan

Shinhan EZ General Insurance Tunjuk Tap Insure sebagai Mitra Asuransi Digital Strategis Pertama di Indonesia
Oleh : Redaksi
Senin | 30-10-2023 | 09:28 WIB
30-10_asuransi-ez_0239239239832.jpg Honda-Batam
Kerjasama ini bertujuan menghadirkan pengalaman berasuransi terbaik di sektor otomotif yang inklusif bagi masyarakat Indonesia. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Asuransi Untuk Semua (Tap Insure), perusahaan asuransi digital di Indonesia, hari ini mengumumkan telah resmi menjalin kerjasama strategis dengan Shinhan EZ General Insurance, grup konglomerasi bidang keuangan terbesar di Korea Selatan.

Kerjasama kedua perusahaan ini berfokus untuk menciptakan terobosan dalam menciptakan solusi asuransi otomotif berbasis digital yang lebih mudah diakses konsumen, menawarkan premi yang terjangkau, dan dengan proses yang mudah (simple) dan cepat mulai dari pembelian produk hingga klaim.

Kesepakatan ini diumumkan hari ini melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang menandai kerjasama erat antara Tap Insure dan Shinhan EZ General Insurance dalam dunia asuransi --khususnya asuransi kendaraan bermotor-- dengan pendekatan yang berfokus pada kepuasan konsumen dan telah menjadi tonggak penting dalam menghadirkan solusi asuransi yang lebih inovatif dan adaptif kepada masyarakat Indonesia, sekaligus menjadikan Tap Insure sebagai perusahaan asuransi terdepan di pasar digital Indonesia.

Melalui kolaborasi inovatif antara Shinhan EZ General Insurance dan Tap Insure, Tap Auto, yang sudah terkenal dengan proses klaim yang disetujui dalam waktu kurang dari 3 jam, akan semakin melengkapi proteksi mereka. Bersama-sama, mereka telah mengembangkan produk Extended Warranty untuk mobil bekas dan mobil baru.

Produk ini memberikan perlindungan yang kuat terhadap biaya perbaikan yang tak terduga, mencakup komponen-komponen vital seperti mesin (termasuk ECU & radiator), transmisi (termasuk ECU & radiator), sistem kemudi, sistem rem, serta peralatan pendingin dan pemanas udara (termasuk AC Compressor). Ini adalah langkah konkret untuk memastikan bahwa pelanggan selalu terlindungi dari gangguan listrik dan mekanikal, dengan keunggulan dalam penyelesaian klaim yang cepat dan efisien.

Kerjasama ini merupakan wujud nyata dari komitmen Tap Insure untuk menghadirkan terobosan dan solusi asuransi otomotif yang memberikan manfaat bagi para konsumen serta industri perasuransian secara keseluruhan. Tap Insure melihat kebutuhan akan perlindungan tambahan untuk kendaraan bermotor di pasar Indonesia, yang memiliki penetrasi asuransi sebesar 3,26% pada tahun 2020, dan oleh karena itu berupaya menyediakan proses asuransi yang lebih terintegrasi (seamless) dan efisien.

Selain itu, kemitraan ini akan mengeksplorasi pengembangan produk asuransi lain yang memudahkan akses bagi berbagai individu dan bisnis, sejalan dengan pertumbuhan aset keuangan rumah tangga di Indonesia sebesar 11% pada 2022. Ini akan berperan penting dalam meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia, yang menjadi salah satu program strategis dalam Roadmap Perasuransian Indonesia 2023-2027*, serta meningkatkan literasi pemahaman tentang keuangan di negara ini, yang baru mencapai 3,18% pada tahun 2021.

Suherman Darmawan, Tap Insure Technical Director, mengungkapkan antusiasmenya atas kolaborasi strategis dengan Shinhan EZ General Insurance.

"Kami menyambut baik kerjasama strategis dengan Shinhan EZ General Insurance sebagai bagian dari grup keuangan terbesar asal Korea Selatan, Shinhan Financial Group. Sinergi ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan akses asuransi (insurance gap) dan tidak meratanya distribusi asuransi yang selama ini menjadi tantangan besar di Indonesia," ungkap Darmawan dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/10/2023).

"Melalui adopsi teknologi di industri ini, kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menjawab tantangan tersebut khususnya bagi masyarakat yang sebelumnya sulit tersentuh layanan asuransi."

Kolaborasi strategis ini, kata Darmawan, akan semakin memperkuat misi Tap Insure untuk mengembangkan inovasi teknologi kami, sehingga dapat menciptakan produk asuransi kendaraan bermotor dengan harga terjangkau yang dapat diakses secara mudah oleh berbagai kelompok masyarakat, dan proses klaim yang cepat.

"Kami berterima kasih kepada Shinhan EZ General Insurance atas kepercayaan terhadap Tap Insure. Kerjasama strategis ini sekaligus merupakan pengakuan atas inisiatif bersama untuk menciptakan dampak positif seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Pasar asuransi Indonesia membutuhkan solusi transformatif yang bisa mengatasi masalah-masalah seperti proses klaim yang sulit, premi yang terlalu mahal, kurangnya akses ke produk-produk asuransi, serta tingginya potensi gagal bayar. Tap Insure, sebagai pelaku industri asuransi berupaya mendorong inklusi asuransi dan mengoptimalkan teknologi yang mengedepankan kemudahan, keterjangkauan, kecepatan, personalisasi, dan transparansi.

"Semua itu berangkat dari nilai-nilai perusahaan yang berpusat pada konsumen. Itu sebabnya, kemitraan ini menandai momen penting dalam misi kami untuk membentuk kembali lanskap asuransi, khususnya di bidang produk asuransi terkait otomotif, dalam mengatasi risiko sehari-hari yang dihadapi konsumen, semuanya hanya dengan satu sentuhan tombol. Kolaborasi kami merupakan bukti dedikasi kami yang tak tergoyahkan untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan memberikan pengalaman asuransi yang unggul," tambah Suherman.

Tap Insure merupakan perusahaan pertama yang mendapatkan izin usaha bidang asuransi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam tiga (3) tahun terakhir, berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner nomor KEP-56/D.05/2022 pada tanggal 17 November 2022.

Tap Insure berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pengguna di setiap jangkauan, memastikan proses yang lancar mulai dari saat konsumen mempertimbangkan untuk membeli asuransi, proses administrasi polis, hingga pada saat klaim. Dengan manfaat teknologi digital, Tap Insure telah mempelopori serangkaian produk asuransi berbasis kebutuhan yang dirancang untuk mengatasi tantangan sehari-hari yang dihadapi nasabah, sekaligus melindungi berbagai aktivitas penting di dalam keseharian mereka.

Salah satu poin penting lain adalah bahwa Tap Insure didukung dengan Risk-Based Capital (RBC) yang kuat, yaitu di atas 7000%, memastikan bahwa perusahaan memiliki modal yang memadai untuk menghadapi risiko-risiko yang mungkin terkait dengan portofolio asuransinya.

Dengan demikian, Tap Insure sebagai perusahaan yang kredibel mendapatkan kepercayaan dari Shinhan EZ General Insurance sebagai mitra strategisnya memasuki pasar Indonesia. Hal ini juga memperkuat eksistensi Tap Insure dalam memberikan kepercayaan kepada para konsumen dan mitranya akan pondasi finansial yang kuat untuk melindungi dan membayar klaim mereka.

Untuk membuat solusi inovatif ini mudah diakses, Tap Insure berkomitmen menghadirkan produknya secara langsung melalui ekosistem digitalnya sendiri, dengan mengutamakan kenyamanan bagi konsumen.

Tujuan utama Tap Insure adalah menjembatani kesenjangan asuransi di Indonesia dengan memperkenalkan pilihan asuransi yang lebih inklusif, yang pada akhirnya meningkatkan penetrasi asuransi dalam negeri. Dengan didukung oleh RBC yang kuat, Tap Insure menawarkan keandalan dan ketahanan yang lebih besar dalam melindungi investasi finansial dan keamanan konsumen.

Dalam mengomentari perjanjian ini, ByoungKwan Kang, CEO dari Shinhan EZ General Insurance menyatakan, sebagai bagian dari Shinhan Financial Group, pihaknya bangga dapat memasuki fase baru ini dengan menggandeng Tap Insure yang merupakan pemimpin di asuransi digital di Indonesia.

"Kami sangat selektif dalam memilih mitra yang tepat di Indonesia, dan Tap Insure sebagai perusahaan yang kredibel serta mumpuni di bidangnya adalah pilihan yang sangat tepat bagi kami. Kami tak sabar untuk memulai perjalanan inovatif ini, yang akan memberikan manfaat besar bagi pelanggan kami dan membawa perubahan positif dalam industri asuransi," ujarnya.

Keselarasan misi bersama untuk menginovasikan pengalaman berasuransi yang lebih baik bagi konsumen, ke depan kami akan fokus pada penyediaan produk asuransi yang terjangkau, sederhana, dan memungkinkan pembayaran premi yang cepat serta proses klaim yang sangat cepat. Kami yakin bahwa keberadaan kami bersama dengan Tap Insure akan merevolusi industri asuransi.

"Kemitraan strategis ini adalah kunci dalam rencana ekspansi kami di Indonesia, dan ini akan menempatkan kami sebagai platform terkemuka dalam mengelola risiko sehari-hari dan membantu nasabah mengatasi tantangan keuangan sehari-hari mereka dengan cara yang lebih baik," tambah ByuongKwan.

Sebagai perusahaan asuransi digital terdepan di Indonesia, Tap Insure telah mendapatkan lisensi asuransi umum pertama yang diberikan oleh OJK dalam 3 tahun terakhir. Tap Insure memiliki produk asuransi kendaraan bermotor, Tap Auto, yang menawarkan kenyamanan 'anti ribet' yang ekstra baik bagi pihak konsumen maupun bengkel rekanan dengan proses yang serba digital.

Kenyamanan yang dimaksud adalah pemegang polis Tap Auto bisa mendapatkan polis digital dalam waktu 1 hari kerja, survei kendaraan secara virtual dan proses penerbitan Surat Perintah Kerja (SPK) kurang dari 3 jam setelah laporan klaim disetujui, serta proses pembayaran ke bengkel yang lebih cepat.

Perusahaan saat ini bekerja sama dengan lebih dari 107 bengkel rekanan yang tersebar di Jawa dan Bali dan melayani konsumen di lebih dari 16 kota di Indonesia. Jangkauan yang menyeluruh serta proses yang cepat tersebut menjadi bukti nyata dari misi perusahaan untuk mendemokratisasi asuransi yang simpel, terjangkau, dan menyenangkan melalui inovasi dan teknologi seluruh lapisan masyarakat dan menjadi pilihan generasi penerus bangsa Indonesia.

Editor: Gokli