Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dishub Anambas Rencanakan Bangun Pelabuhan Roro di Antang
Oleh : emmi/dd
Senin | 17-09-2012 | 15:19 WIB
Anambas-Kabid-Perhubungan-D.gif Honda-Batam
Kepala Bidang Perhubungan Darat, Linggis Silalahi.

ANAMBAS, batamtoday - Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas merencanakan pembangunan pelabuhan roro di Antang. Pelabuhan tersebut sangat dibutuhkan mengingat selama ini belum adanya sarana pengangkutan keendaraan bermotor di Anambas.


"Kita sudah merencanakan pembangunan pelabuhan roro di Antang, karena selama ini belum ada transportasi yang dapat mengangkut keendaraan bermotor disini," kata Kepala Bidang Perhubungan Darat, Linggis Silalahi kepada wartawan, Senin(17/9/2012).

Linggis juga menambahkan, jika pembangunan pelabuhan roro merupakan prioritas mengingat pelabuhan roro di Palmatak Kacil sudah ada yang saat ini digunakan untuk pelabuhan yang menghubungkan antara Tanjung Uban, Palmatak ke Natuna hingga ke Kalimantan.

"Kalau di Palmatak sudah ada pelabuhan roro, sehingga untuk memudahkan transportasi ke Anambas khususnya kota Kabupaten Kepualauan Anambas di Tarempa perlu pelabuhan roro sehingga akses transportasi pengangkutan keendaraan roda dua dan roda empat semakin mudah," katanya.

Untuk mewujudkan itu, kata Linggis pihaknya sudah membuat Design Enginiering Detail (DED) dan program pembangunan direncakanan akan dilaksanakan tahun depan."Pembangunan roro ini merupakan salah satu skala prioritas kita dan DED nya sudah ada. Kita akan usulkan pada anggaran 2013 nanti untuk pembangunan fisiknya, mudah-mudahan dapat persetujuan dari DPRD," katanya.

Menurut Linggis, ditetapkannya lokasi pembangunan pelabuhan roro di Antang karena selain tempatnya strategis kedalaman laut juga mendukung. Selain itu desa Antang kedepan direncanakan merupakan daerah pusat kantor pemerintahan Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Antang merupakan lokasi yang strategis selain kedalaman laut juga mendukung Antang nantinya juga merupakan pusat pemerintahan Anambas. Tempatnya juga tidak jauh dari Kota Tarempa dan akses menuju ke sana mudah selain lewat laut, jalan dari darat juga sudah ada dan inilah lokasi yang strategis yang dimaksud," katanya.