Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Suarakan Menjaga Alam Flobamoratas, Ini Makna Lagu 'Surga di Timur' yang Baru Diluncurkan
Oleh : Redaksi
Jumat | 27-10-2023 | 10:41 WIB
Donal-Grastika.jpg Honda-Batam
Musisi muda NTT, Grastika Marsian dan Donal Manuain meluncurkan lagu 'Surga di Timur'. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Musisi muda NTT, Grastika Marsian dan Donal Manuain, meluncurkan lagu 'Surga di Timur'. Lagu tersebut diluncurkan sebagai bentuk ajakan pesan suara orang muda untuk aksi iklim untuk senantiasa menjaga dan merawat keindahan alam yang dimiliki Nusa Tenggara Timur.

Grastika Marsian dan Donal Manuain mencoba memotret pesan menjaga bumi dari krisis iklim yang tereksplisit melalui lirik yang disenandungkan, keduanya percaya bahwa musik mempunyai kekuatan untuk mempersatukan sekaligus menciptakan perubahan, yang harapannya dapat mendorong lebih banyak anak muda menjaga alam dan ekosistem di dalamnya.

"Kekaguman akan keindahan dan cantiknya Indonesia dengan segala rupa keunikannyn membuat kami terinspirasi menciptakan lagu ini, sebagai musisi yang berkontribusi dalam lagu Surga di Timur kami ingin mengenalkan nilai-nilai lokal yang ada di Nusa Tenggara Timur, sebagai salah satu representasi kecantikan tanah air Indonesia. Selain itu, dalam lagu ini juga kami ingin mengajak banyak anak muda lainnya untuk sama-sama menjaga dan merawat keindahan alam Indonesia, untuk selalu dinikmati dan disyukuri setiap saatnya," jelas Grastika, dalam keterangan pers, Jumat (27/10/2023).

Para pendengar diajak untuk menelusuri arti pada setiap liriknya yang menyebutkan bahwa keindahan alam bak surga adalah harta karun yang perlu dijaga dan dilindungi. Surga di Timur juga menyiratkan pesan bahwa keindahan dan kekayaan alam yang ada, dapat hilang karena dampak dari perubahan iklim itu sendiri, untuk itu alasan kenapa mau hidup lebih lama digaungkan pada lirik lagu ini, supaya manusia semakin menyadari bahwa keajaiban dan keindahan alam yang ada saat ini wajib dilindungi dan disyukuri keberadaanya.

"Surga di Timur menjadi lagu yang membawa setiap pendengarnya di manapun mereka berada, bahkan di perantauan sekalipun untuk mengingat kembali rumah di mana mereka lahir, dibesarkan, sebagai tempat terbaik untuk merasakan hangatnya, bahagia, dan sempurnanya bumi Flobamoratas. Dalam artian segala kelebihan sumber daya alam yang dimiliki, akan memotivasi kita ingin hidup lebih lama untuk senantiasa menikmati surga itu, karena NTT adalah rumah kita bersama, sekaligus miniaturnya Indonesia dan kita wajib menjaganya dengan penuh cinta," jelas Donal.

Lagu Surga di Timur tidak hanya menyiratkan pesan mendalam untuk memaknai kebersyukuran hidup dan tinggal di bumi Flobamoratas (Flores, Sumba, Timor, Rote, Alor, Lembata, Sabu), namun turut menyajikan warna baru dalam bermusik.

Editor: Gokli