Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anwar Hasyim Pimpin Upacara Hari Santri Tahun 2023 di Karimun
Oleh : Freddy
Minggu | 22-10-2023 | 14:35 WIB
anwar_hasyim_santri.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim pimpin upacara memperingati Hari Santri Nasional tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan Pondok Pesantren Hidayatullah Sememal Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat. Minggu (22/10/2023).

BATAMTODAY.COM, Karimun - Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim pimpin upacara memperingati Hari Santri Nasional tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan Pondok Pesantren Hidayatullah Sememal Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun, Minggu (22/10/2023).

Dalam amanatnya, sebagai pembina upacara, Anwar Hasyim menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden nomor 20 tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri, merujuk pada tercetusnya "Revolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

"Tema peringatan Hari Santri tahun 2023 ini adalah "Jihad Santri, Jayakan Negeri" yang mana Tema ini dipilih untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan," katanya.

Wabup Anwar Hasyim menekankan bahwa pentingnya peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan yang menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

Ungkap Wabup, di kabupaten Karimun sekarang ini terdapat 9 pondok pesantren dengan jumlah guru mencapai 285 orang dan santri sebanyak 1977 orang dan keikutsertaan santri Karimun sebagai delegasi Kepulauan Riau dalam Lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) tingkat nasional tahun 2022 lalu adalah salah satu contoh prestasi yang membanggakan.

Ia menjelaskan pemerintah Kabupaten Karimun berkomitmen untuk terus mendukung kelangsungan pondok pesantren di Kabupaten Karimun sesuai dengan kemampuan keuangan daerah

Wabup mengajak semua pihak untuk menjaga citra pesantren sebagai lembaga pendidikan berakhlakul Karimah

Pada kesempatan tersebut Wabup Anwar Hasyim berharap agar seluruh santri dan hadirin untuk senantiasa berdo'a agar Allah SWT memberikan petunjuk, kekuatan dan kesabaran dalam menjalani perjuangan

"Peringatan hari Santri ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi agama, Bangsa dan negara," pungkasnya

Wabup juga mengucapkan terima kasih kepada semua pimpinan pondok pesantren, ustadz dan ustadzah yang telah mencerdaskan anak Bangsa dengan baik dan penuh tanggungjawab.

"Semoga semua jasa dan pengorbanan tersebut dicatat Allah SWT, Aamiin ya Rabbal Alamin," pungkasnya.

Editor: Surya