Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menteri Risma Serahkan 3 Kapal Transportasi untuk Anak Sekolah di Pulau Bertam, Lingke dan Gara
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 21-10-2023 | 09:08 WIB
21-10_menteri-risma_03409349348.jpg Honda-Batam
Sebelum menyerahkan ketiga kapal transportasi untuk anak sekolah ini Risma tampak antusias menyapa dan memberikan pertanyaan kepada puluhan siswa yang berjejer menjemputnya di pelabuhan pancung Pulau Bertam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengunjungi masyarakat Pulau Bertam, Gara dan Lingke, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (20/10/2023).

Menteri Risma yang didampingi Walikota Batam Muhammad Rudi serta Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid menyerahkan bantuan 3 unit kapal angkut untuk mobilitas sekolah anak di Pulau Bertam, Gara dan Lingke.

Sebelum menyerahkan ketiga kapal transportasi untuk anak sekolah ini Risma tampak antusias menyapa dan memberikan pertanyaan kepada puluhan siswa yang berjejer menjemputnya di pelabuhan pancung Pulau Bertam.

Menteri Risma juga ikut mengumandangkan lagu nasional yang dinyanyikan oleh anak-anak menyambutnya. "Pintar-pintar ya kalian. Ingat jangan buang sampah ke laut ya," ujar Risma di tengah-tengah aktifitasnya menyapa para siswa.

Dalam sambutnya Risma menuturkan, bantuan tiga unit kapal angkut tersebut merupakan tindak lanjut permintaan warga saat dirinya bertandang ke Pulau Bertam beberapa waktu lalu. Warga menyampaikan transportasi untuk anak sekolah masih susah, sehingga dia berkomitmen untuk membantu tiga unit kapal tersebut.

"Tidak usah kuatir, kapal ini sudah uji kelayakan. Dari Surabaya ke sini uji cobanya. Sudah ada izin dan sertifikat kelayakan dari Kemenhub juga. Insyaallah tidak ada masalah. Semoga bermanfaat," kata Risma dalam sambutanya.

Tiga kapal ini nantinya akan melayani aktifitas belajar siswa di tiga pulau tersebut. Risma berharap agar masyarakat menjaga dan memanfaatkannya dengan baik demi kemajuan pendidikan anak di perbatasan.

Salah satu dari tiga kapal bantuan Mensos angkut untuk mobilitas sekolah anak di Pulau Bertam, Gara dan Lingke. (Irwan/BTD)

"Merubah nasib suatu bangsa itu pendidikan. Pendidikan akan merubah peri kehidupan manusia. Jaga dan dukung pendidikan anak-anak kita. Saya titip pesan ini ya bapak ibu. Anak-anak harus sekolah," tutur Risma.

Kepada masyarakat pulau Bertam, Lingke dan Gara, Risma juga berpesan untuk tetap memperjuangkan pendidikan anak demi masa depan Bangsa dan Negara. "Kita tidak boleh menyerah. Boleh miskin dan boleh kita orang tua ini tak berpendidikan tapi anak harus sekolah ya bapak ibu sekalian," pesan Risma.

Wali kota Batam Muhammad Rudi apresiasi dengan bantuan tiga kapal Kemensos tersebut. Sesuai permintaan Menteri Risma, Pemko Batam akan membiayai biaya operasional kapal pengangkut siswa sekolah antar pulau tersebut.

"Pemko yang bertanggung jawab penuh untuk operasionalnya kapal-kapal ini. Terimakasih bu Risma dan jajaran Kemensos semuanya. Ini untuk kemajuan pendidikan anak-anak kita. Mari kita jaga bapak ibu. Dukung anak-anak untuk terus sekolah," ujar Rudi.

Camat Belakang Padang Yudi Atmadja menjelaskan untuk tiga pulau yang mendapat bantuan kapal Kemensos tersebut selama ini memang kesulitan dengan transportasi laut untuk anak sekolah. Tiga pulau baru memiliki satu SD Negeri di Pulau Bertam. Untuk SMP dan SMA harus ke Pulau Kasu, dan bahkan Batu Aji.

"Jadi bantuan kapal yang diberikan oleh Mensos ini sangat membantu kelancaran aktifitas pendidikan anak-anak di tiga pulau tersebut. Kami berterima kasih karena ini sangat membantu anak-anak kami di sini untuk ke sekolah," ujar Yudi.

Editor: Gokli