Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berlangsung hingga 24 Oktober Mendatang, Basketball Turnamen Smansa Cup V Resmi Dibuka
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 17-10-2023 | 11:12 WIB
Smansa-Cup-V-TPI.jpg Honda-Batam
Pembukaan Basketball Turnamen Smansa Cup V Tahun 2023 di SMAN 1 Tanjungpinang, Senin (16/10/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - SMA Negeri 1 (Smansa) Tanjungpinang, kembali menggelar turnamen Basketball Smansa Cup V. Turnamen ini resmi dimulai pada 16 - 24 Oktober 2023.

Smansa Tanjungpinang, salah satu sekolah favorit di Provinsi Kepri, berhasil menjadi champion selama 4 kali berturut-turut. Prestasi itu diharapkan terulang kembali pada gelaran kelima di tahun ini.

Kepsek SMAN 1 Tanjungpinang, Dr Imam Syafeii, menyampaikan agar para peserta turnamen bisa bermain sportif sesuai tema turnamen 'Meraih Prestasi, Junjung Tinggi sportivitas'. "Soal juara, ya kalau tim Smansa terbaik ya pasti juara ya," singkatnya.

Memang, prestasi yang ditorehakan siswa-siswa Smansa Tanjungpinang tak perlu diragukan lagi, tak hanya nasional, bahkan hingga ke tingkat internasional.

Dikatakan Imam, OSIS hingga panitia turnamen kali lebih berkreasi dan menampilkan banyak antraksi. "Selain drum band Gita Utama Kartika yang juga memiliki segudang prestasi ikut memeriahkan pembukaan turnamen, lalu penampilan Sanggar Cakrawala yang meraih podium 2 pada Festival Lentera lalu," jelasnya.

Diketahui, Smansa Tanjungpinang menurunkan 2 Tim Putra A dan B begitu pun Tim Putri A dan B dan pada even tahunan ini. Terdapat 13 tim yang akan bertanding pada Smansa Cup V ini. Bahkan, Pelita Nusantara yang sangat melekat dengan image basket, jufa ikut berpartisipasi setelah sebelumnya tidak ikut serta.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Smansa Cup V, Aldino, menyebutkan dana untuk penyelenggaraan kegiatan ini berasal dari dana bos, SPP dan para donatur/sponsor. "Event ini digelar untuk mempererat persaudaraan antar pelajar dengan cara yang positif," ujar dia.

Hal senada juga disampaikan Bidang Pengawas SMA/SMK Disdik Provinsi Kepri, Samsul Bahri, berharap event ini bisa mempererat tali silaturahmi antar siswa, persaudaraan dan persahabatan dan meningkatkan semangat. "Kita bukan mau cari juara, tetapi sportivitas dan silahturahmi," jelasnya.

Ia juga berharap event yang digelar Smansa Tanjungpinang ini bisa melahirkan bibit berprestasi yang bisa berbicara di kancah nasional.

Adapun wasit yang nantinya memimpin di tiap game, sebanyak 5 orang, masing-masing Rudi, Nardi, Firdaus, Berdi dan Andre. Mereka secara bergantian memimpin pertandingan hingga babak final 24 Oktober mendatang.

Guswandi, selaku guru olahraga dan Ketua Panitia, mengharapkan siswa-siswi yang turut bertarung dalam kompetisi tersebut bisa memberikan yang terbaik. "Dengan banyaknya peserta semakin besar tantangan, tetapi saya yakin Tim A maupun Tim B akan memberikan performa yang terbaik," ujarnya sumringah.

Editor: Gokli