Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dapat Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023

Tim Validasi Kemendagri Turun Langsung ke Rumah Bahagia Bintan
Oleh : Harjo
Senin | 16-10-2023 | 14:12 WIB
Tim_Validasi_Kemendagri.jpg Honda-Batam
Tim validasi Kemandagri saat di Rumah Bahagia Bintan (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kabupaten Bintan kembali masuk sebagai salah satu nominator kategori Daerah Perbatasan.

Setelah sebeumnya berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi Innovative Government Award (IGA) 2023.

Hal tersebut usai Bupati Bintan Roby Kurniawan, melalukan presentasi di hadapan Tim Penilai beberapa waktu lalu, kali ini Tim Validasi Kemendagri, disambut oleh Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith (16/10/2023).

Tim Validasi tersebut disambut di Rumah Bahagia Bintan yang menjadi salah satu inovasi andalan Bintan terhadap kesejahteraan Lansia.

Dimana program besar peduli Lansia, yang didalamnya ada bantuan Lansia berupa bantuan langsung tunai.

"Hari Lansia di peringati setiap 29 Mei, di rumah bahagia Bintan, dengan 56 Pemdamping Lansia yang tersebar di seluruh Desa dan kelurahan yang ada di Bintan," katanya.

Pemberian bantuan dan pelayanan diantaranya mulai dari Sembako, Nutrisi, Alat bantu seperti Kursi Roda, tongkat lansia dan sebagainya, pelayanan rujukan, pelayanan reunivikasi dan pelayan lainnya.

"Hari ini kita menyambut Tim Validasi lapangan. Mereka yang melihat seperti apa realnya di lapangan terkait inovasi yang ada di Bintan," terangnya.

Salah seorang Tim Validasi IGA 2023 selaku juri Bimo Cahyo Saputro, menyampaikan bahwa Kabupaten Bintan merupakan salah satu kabupaten, yang layak medapatkan penghargaan Inovasi, yakni berupa inovasi Rumah Bahagia Bintan.

Tim turun langsung ke untuk mengecek dan melakukan verifikasi serta melakukan intraksi terhadap Lansia yang ada di Rumah Bahagia Bintan.

"Diharapkan agar Daerah lain juga bisa mecontoh Kabupaten Bintan, dengan pengembangan dan menjalankan inovasi tersebut. Negara tidak hanya membangun sektor ekonomi maupun infrastruktur saja, melainkan bagaimana memperhatikan kesejahteraan manusianya sendiri," harapnya.

Editor: Surya