Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Santri dan Ulama Jawa Barat Sebut GP
Oleh : Opini
Selasa | 10-10-2023 | 08:52 WIB
GANJAR-JOKOWI4.jpg Honda-Batam
Ganjar Pranowo saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi. (Foto: Net)

Oleh Dian Paramita

CAPRES (Calon Presiden) yang diusung PDI-P, Ganjar Pranowo (GP) disambut dengan penuh gegap gempita disertai dengan teriakan yang terdiri oleh para ulama, masyayikh hingga ribuan dari para santri di Ciamis, Provinsi Jawa Barat (Jabar). Salah seorang Kyai mengungkapkan bahwa adanya hal tersebut merupakan sebuah bentuk dukungan penuh yang sangat nyata dari rakyat kepada sosok pemimpin masa depan bangsa itu.

Sebagai informasi, di Kabupaten Ciamis, memang mantan Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang pernah menjabat selama dua periode atau sepuluh tahun terakhir itu datang secara langsung untuk mengunjungi dua pondok pesantren (Ponpes) besar, yakni Ponpes Al Quran Cijantung dan juga Ponpes Darussalam Ciamis.

Mengenai kedatangan dari Ganjar Pranowo, Pengasuh Pondok Pesantren Cijantung, Kyai Nur Muhammad menjelaskan bahwa memang kedatangan sosok pemimpin tersebut disambut dengan sangat luar biasa oleh para ulama dan para santri. Sambutan yang sangat meriah tersebut juga menyiratkan bagaimana luar biasanya sosok pemimpin tersebut karena dirinya mendapatkan dukungan dari seluruh pihak dan lapisan masyarakat dari berbagai macam kalangan.

Pada kedatangannya, pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putih itu juga sempat melaksanakan ziarah ke makam Kyai Muhammad Siradj dan berdiam di sana. Dirinya didampingi dengan sejumlah ulama hingga masyayikh lainnya, yang mana mereka semua juga turut mendoakan kesuksesan sosok tersebut agar bisa menjadi pemimpin masa depan bangsa.

Mereka semua sangat mengharapkan agar Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden Republik Indonesua (RI) yang kedelapan sebagai penerus Presiden Joko Widodo karena akan mampu membawa Tanah Air menjadi negara yang jauh lebih maju lagi kelak dengan diteruskannya banyak diantara program kerja dari Jokowi sebelumnya.

Selanjutnya, agenda yang dilakukan oleh kader dari partai politik (Parpol) yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu yakni melakukan diskusi dengan para ulama serta masyayikh mengenai bagaimana masa depan Indonesia selanjutnya. Dari kunjungan yang diagendakan olehnya itu, terlihat sekali bahwa figurnya merupakan seorang yang sangat ramah dan merakyat sekali.

Bahkan, terlihat pula dari bagaimana diskusi yang sempat dilakukan oleh Ganjar Pranowo bersama dengan para ulama, bahwa sosok pemimpin tersebut memiliki ide serta banyak diantara gagasannya yang sangat cemerlang demi kemajuan bangsa ini. Maka dari itu, menjadi tidak heran mengapa para ulama terus memberikan doa agar seluruh cita-cita yang diinginkan oleh Ganjar menjadi Presiden RI kedelapan bisa terwujud.

Kemudian harapan yang dimiliki oleh para ulama dan masyayikh itu kepada sosok pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar tersebut adalah agar dirinya mampu melanjutkan dan juga bahkan terus meningkatkan apa yang telah berhasil dicapai oleh pemerintahan di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo saat ini.

Sambutan yang juga bergitu luar biasa datang dari masyarakat, yakni di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis. Tidak tanggung-tanggung, bahkan di sana sebanyak ribuan diantara para santri berbaris di pinggir jalan untuk bisa menyambut sosok Ganjar Pranowo. Mereka semua berteriak dan mengungkapkan sangat mencintai sosok pemimpin itu.

Pengasuh Ponpes Darussalam, Prof. Dr. KH. Fadlil Munawar Manshur kemudian mengungkapkan bahwa kader dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu saat ini merupkan tokoh nasional yang juga menjadi seperti rising star atau bintang. Bagaimana masyarakat sangat mengidolakannya dikarenakan dirinya sudah sangat sikses dalam rekam jejaknya selama ini untuk menjadi Gubernur di Jawa Tengah selama dua periode.

Bukan hanya itu, namun pengalaman yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo juga sangat banyak karena dirinya pernah menjabat sebagai anggota parlemen, yakni sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dua periode pula. Tentunya, dengan banyaknya pengalaman serta ilmu yang dimilikinya pun mampu menjadikan para generasi muda termasuk para santri bisa menjadi semakin termotivasi.

Dalam kesempatan tersebut, pemimpin berusia 54 tahun itu mengajak kepada para santri untuk terus belajar dan mempersiapkan diri mereka, utamanya di tengah situasi dunia yang berubah sangat cepat seperti sekarang ini. Dirinya juga sempat menyoroti kasus atau isu kesehatan mental yang kerap didera oleh generasi muda.

Untuk itu, menurutnya para pemuda termasuk para santri itu harus terus belajar dan mengembangkan kreativitas mereka serta mampu berinovasi karena santri sama sekali tidak boleh malas untuk bergerak lantaran tuntutan zaman.

Banyak sekali bentuk dukungan penuh yang sangat nyata datang dari seluruh masyarakat dari berbagai macam kalangan dan elemen di Indonesia, termasuk juga datang dari para ulama, tokoh agama, kyai, masyayikh hingga para santri di Jawa Barat yang menyambut kedatangan Ganjar Pranowo dengan sangat antusias disertai teriakan bahwa dirinya akan menjadi Presiden 2024 mendatang.*

Penulis adalah Alumni Unpad asal Ciamis Jawa Barat