Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Tunjuk Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Mentan
Oleh : Redaksi
Jumat | 06-10-2023 | 14:28 WIB
arief_prasetyo_ysl_b.jpg Honda-Batam
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Mentan enggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana Tugas Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri.

"Penggantinya masih Plt, Plt-nya Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan Nasional," kata Jokowi dalam keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Jokowi menuturkan, Arief ditunjuk sebagai Plt Mentan demi memudahkan pekerjaannya. Ia menyebutkan, pekerjaan Kementerian Pertanian, Bapanas, Perum Bulog, dan Kementerian Perdagangan harus selalu satu.

"Supaya lebih koordinatif, lebih memudahkan karena biasanya kita Bulog, Badan Pangan, Mentan ini, Menteri Perdagangan, ini selalu harus satu, jadi untuk konsolidasi saja biar lebih memudahkan," kata Jokowi.

Jokowi pun mengaku sudah menerima surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo dari kursi Mentan dan telah menyetujuinya.

"Ya, sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti dan sudah saya tanda tangan juga," kata dia.

Seperti diketahui, Arief Prasetyo Adi saat ini menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Pangan Nasional, lahir pada tanggal 27 November 1974 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Arief Prasetyo Adi merupakan lulusan S1 Teknik Sipil di Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada tahun 1998. Dia kemudian melanjutkan pendidikan Magister Teknik di universitas yang sama dan menyelesaikan gelar S2 pada tahun 2000.

Arief mengawali karier sebagai Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya pada 29 September 2015 sampai 15 November 2020 dan melanjutkan karirnya sebagai Direktur Utama PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) / Holding BUMN Pangan ID FOOD sejak 16 November 2020. Pada 21 Februari 2022, Arief kemudian dilantik sebagai Kepala Badan Pangan Nasional

Arief dilantik sebagai Kepala Badan Pangan Nasional pada tanggal 21 Februari 2022 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 7M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional.

Sosok Arief Prasetyo Adi juga diketahui pernah meraih sejumlah penghargaan. Salah satunya yaitu Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dari Jaya Suprana atas Rekor Gerakan Pangan Murah Serentak di lokasi Kabupaten/Kota terbanyak (341 titik di 300 kabupaten/ kota).

Untuk tahun 2023 sendiri, Arief Prasetyo Adi pernah mendapat penghargaan Leader Inovatif Peduli Gizi 2023 dari Pergizi Pangan Indonesia, AIPGI (Prof Dr Ir Hardinsyah, MS) dan Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia/ GAPMMI (Adhi S. Lukman). Ada pula penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa 2023 dari BUMN Track (PPM dan Tanri Abeng).

Sebelumnya, Syahrul memutuskan mundur dari jabatan Mentan karena ingin fokus dalam menghadapi penyidikan kasus dugaan korupsi yang menjeratnya.

Syahrul menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Kamis (5/10/2023) sore.

"Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang saya hadapi dan saya harus siap menghadapi secara serius," kata politikus Nasdem tersebut.

Saat ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menyidik dugaan rasuah di Kementan.

Sudah ada sejumlah tersangka yang telah ditetapkan, tetapi KPK masih enggan membocorkan identitas tersebut.

Belakangan, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkap bahwa Syahrul telah ditetapkan sebagai tersangka

Editor: Surya