Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Bullying di Lingkungan Pelajar, Polres Karimun Gencarkan 'Police Goes to School'
Oleh : Freddy
Jumat | 06-10-2023 | 13:24 WIB
cegah-bullying.jpg Honda-Batam
Personel Polres Karimun saat mensosialisasikan Anti Perundangan/Bullying ke kalangan pelajar. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kasus perundangan atau bullying yang sering terjadi di lingkungan pelajar, menjadi perhatian serius Polres Karimun. Lewat program Police Goes to School, Polres Karimun berupaya melakukan pencegahan dengan mensosialisasikan anti perundangan ke sekolah-sekolah.

Kali ini, sosialisasi anti perundangan dilakukan di SMK Vidya Sasana, SMPN 2 Kundur dan SMKN 2 Karimun. Tak hanya pelajar, sosialisasi itu juga diikuti para guru di sekolah tersebut.

Lewat Police Goes to School itu, personel Polres Karimun menyampaikan materi tentang Anti Perundungan atau perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik maupun sosial di dunia maya ataupun nyata yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik yang dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok.

Kapolres Karimun, AKBP Ryky W Muharam, mengatakan adapun tujuannya dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan bagi pelajar tentang Anti Bullying/Perundungan, jenis perundungan, mengenali korban perundungan dan cara mengatasi perundungan, karena para pelajar rentan menjadi pelaku atau korban bullying hingga penganiayaan.

Kapolres berharap dengan dilaksanakan sosialisasi tersebut tidak ada Bullying/Perundungan lagi di lingkungan pelajar. "Kami berharap, jangan menjadikan teman untuk di-bullying yang nantinya akan berakhir dengan kekerasan sehingga berujung keranah hukum, ini butuh peran orang tua dan guru, terutama guru di lingkungan sekolah," katanya, Jumat (6/10/2023).

Kapolres juga berpesan kepada siswa-siswi, agar rajin belajar, jangan mencari musuh tapi perbanyaklah teman. "Apabila terjadi masalah tidak pakai emosi, semua permasalahan ada jalan keluarnya, jangan merusak masa depan kalian karena kelak kalian sebagai penerus bangsa," tutupnya.

Editor: Gokli