Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Letkol Joko Santosa Pimpin Upacara HUT TNI ke-78 di Lanal Karimun
Oleh : Freddy
Kamis | 05-10-2023 | 18:42 WIB
Upacara-HUT-TNI1.jpg Honda-Batam
Upacara HUT TNI ke-78 tahun 2023 di Lanal TBK Karimun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Joko Santosa pimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, Kamis (5/10/2023).

Selaku pemimpin upacara, Danlanal membacakan amanat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan dan sekaligus sebagai benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun.

"Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik dan terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah diraih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan," ujar Danlanal.

Lanjutnya, setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia

Sementara itu, untuk lingkup nasional, beragam potensi ancaman juga semakin kompleks. Untuk itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus dijadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh.

"Sesuai dengan tema peringatan tahun ini, TNI Patriot NKRI, pengawal demokrasi untuk Indonesia maju. Makna yang terkandung di dalamnya bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara. Sehingga, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera," ujar Danlanal.

Perayaan HUT ke-78 TNI diisi dengan penampilan seni budaya serta suprise dari Polres Karimun, Kejaksaan Negeri Karimun, dengan memberikan kue ulang tahun sebagai bentuk sinergitas.

Editor: Yudha