Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kaskogabwilhan I Pimpin Upacara HUT TNI ke-78 Tingkat Provinsi Kepri
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 05-10-2023 | 15:17 WIB
cek-pasukan2.jpg Honda-Batam
Kepala Staff Kogabwilhan I, Mayjen TNI Rifky Nawawi, saat memeriksa kesiapan personel upacara peringatan HUT TNI ke-78 tingkat Provinsi Kepri di aman Tugu Sirih Tepi Laut, Kamis (5/10/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Upacara HUT TNI ke-78 tingkat Provinsi Kepulauan Riau berlangsung di Taman Tugu Sirih Tepi Laut, Kamis (5/10/2023).

Upacara ini dipimpin Kepala Staff Kogabwilhan I, Mayjen TNI Rifky Nawawi. Adapun Tema yang diusung pada HUT TNI ke-78 yaitu 'TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju'.

Mayjen TNI Rifky Nawawi membacakan arahan Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, yang mengucapkan terima kasih atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme selama ini. Untuk itu TNI tidak boleh terlena dengan prestasi serta kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat.

"TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi saat ini. Setelah pandemi Covid-19 mereda dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga di penuhi ketidakpastian akibat konflik dan krisis di beberapa belahan dunia," jelasnya.

Selain itu, lingkup nasional, Mayjen TNI Rifky Nawawi mengungkapkan beragam potensi ancaman semakin kompleks untuk itu, momentum HUT TNI Ke 78 ini harus dijadikan bahan instrospeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang professional modern dan tangguh.

"Seperti yang diamanatkan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bahwa TNI adalah patriot NKRI dan kami melaksanakan mengawal demokrasi untuk Indonesia maju. Kami berharap TNI semakin modern disegani, profesional serta tangguh," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pangkoarmada I, Laksda TNI Achmad Wibisono, sesuai dengan arahan Panglima TNI, TNI semakin profesional modern dan tangguh. "Professional itu prajuritnya terlatih modern berarti alutsista nya diperkuat dan tangguh kombinasi antara prajurit dengan alutsista yang diawaki sehingga kita menjadi tangguh," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Walikota Tanjungpinang, Hasan, mengucapkan selamat HUT TNI ke-78 tahun 2023. TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Indonesia pada hari ini memiliki agenda nasional seperti Pemilu. Untuk itu peran TNI cukup besar karena menjaga kondusifitas dan keamanan wilayah NKRI khususnya kita di Kepulauan Riau terutama di Tanjungpinang. Pemerintah sangat dan harus bersinergi dengan TNI seperti penanganan inflasi, tentu peran TNI sangat besar," pungkasnya.

Usai upacara peringatan HUT TNI Ke 78, dilanjutkan dengan aksi bela diri oleh Prajurit Marinir, simulasi pembebasan sandera baik darat maupun di laut, aksi terjun payung hingga parade Defile oleh masing-masing satuan TNI.

Editor: Gokli