Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

CHAI Rilis New Single NAHAS
Oleh : Redaksi
Kamis | 05-10-2023 | 11:04 WIB

BATAMTODAY.COM, Tidak hanya piawai dalam meracik kata-kata dan nada, CHAI juga adalah seorang artis multitalenta dengan banyak prestasi mumpuni. Salah satunya ia adalah model yang mengikuti ajang bergengsi Indonesia's Next Top Model Cycle 2.

CHAI dengan nama lengkap Ni Made Chainia Lovera Lilipaly (lahir di Surabaya 5 Juni 2004), mulai mengembangkan karir musiknya, yang dia sukai sejak awal. Ia mengikuti ajang pencarian bakat di program The Voice Kids season 2 pada usia 14 tahun dan bergabung dengan Tim TULUS hingga babak Battle.

CHAI sebelumnya juga merilis single pertamanya secara independen berjudul 'Pejuang Hidup Bahagia' (2022) yang cukup menarik perhatian fans-nya karena sebelumnya CHAI justru dikenal sebagai model.

Tahun 2023, CHAI merilis single keduanya berjudul 'Bercanda' dengan RANS MUSIC sebagai music label yang menaungi CHAI sebagai artis eksklusif-nya. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina melirik CHAI untuk menjadi salah satu artis jagoan di RANS MUSIC, karena menurut mereka, CHAI mempunyai semuanya yang dibutuhkan di industri ini, yaitu berpenampilan cantik sekaligus juga singer-songwriter yang keren," kata Nagita Slavina dalam sebuah kesempatan bertemu CHAI di Andara.

Di single pertama, CHAI merilis lagu yang ia tulis sendiri dengan judul 'bercanda'. Kisah lagu yang bercerita tentang seseorang yang menyukai seseorang dalam circle pertemanan. Semakin terbawa dengan rasa nyaman seringkali membuat 'keliru' dalam menafsirkan kedekatan.

Lirik 'bercandanya sayang, sayangnya....bercanda' adalah lirik yang menjadi hook dalam lagu ini. Yang menjadi kesimpulan keseluruhan lagu yang ternyata rasa nyaman dan perhatian bisa sangat membuat pikiran dan hati terbawa pada kesimpulan yang salah.

Single ketiga yang dirilis 5 Oktober 2023 bersama RANS MUSIC ini diberi judul 'NAHAS'. Seperti gambaran boldline-nya, NAHAS adalah kisah mengenai sebuah hubungan yang terlihat sempurna, namun ternyata hanyalah fantasi yang fana karena tidak semua perlakuan hangat adalah bentuk rasa sayang melainkan hanyalah tipuan, hingga berujung pada kisah yang 'NAHAS'.

Lagu ini terinspirasi dari kisah dua orang yang sudah cukup lama menjalin sebuah pendekatan, tetapi tidak ada kepastian di ujungnya. 'Ghosting namanya. Musik dari CHAI sendiri juga mencerminkan kebebasannya dalam menulis lagu dan lirik.

Lirik yang ia tulis juga mempunyai diksi diksi yang menarik dan pilihan kalimat yang cukup jarang ditemui di lagu-lagu lainnya. Itulah mengapa Team A&R dari RANS MUSIC meng-optimalkan potensi ini dan menjaga kemurnian karya-karya CHAI dengan sentuhan aransemen musik yang 'membawa' dan memperkuat karakter lagu CHAI.

Penata Musik dari CHAI adalah musisi muda Joel Christian, Jerricho dan Alam Urbach yang menangkap dan meramu musik CHAI. Proses workshop selama 1 bulan di studio memang dimanfaatkan CHAI dan Team untuk meng-compile lagu-lagu CHAI dengan warna-warna yang berbeda di setiap lagunya.

CHAI juga sangat kooperatif dan menyenangkan dalam berkarya. Ia berproses terus-menerus melengkapi skill-nya sebagai musisi seperti bermain gitar dan piano. Hampir setiap hari ia bermain gitar dan menulis lagu di studio 'Blue Moon' di Cilandak, Jakarta Selatan. Selamat mendengarkan di radio-radio seluruh Indonesia!!!

Editor: Gokli