Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nilai-nilai Pancasila Harus Diterapkan dalam Kehidupan dan Berbangsa
Oleh : Harjo
Senin | 02-10-2023 | 14:00 WIB
Roby-Pancasila.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan, Roby Kurniawan, saat memimpin upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Senin (2/10/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari peringatan Pancasila, sebagai satu-satunya ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Hal ini berangkat dari peristiwa G30S/PKI yang kemudian melalui Kepres nomor 153 tahun 1967 ditetapkan tanggal 1 Oktober adalah Hari Kesaktian Pancasila.

"Kesaktian dari Pancasila harus dimaknai, dengan mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila. Terlebih lagi dalam hal pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat," tegas Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Hal tersebut disampaikan Roby Kurniawan, dalam upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, yang diikuti seluruh ASN baik PNS maupun Non PNS yang berkantor di Komplek Bandar Seri Bintan, Senin (2/10/2023).

Sebagai pembina upacara, Roby menyampaikan beberapa poin penting sempena momentum sakral tersebut. Karena peringatan Pancasila adalah momentum serta cambuk bagi siapa pun yang merasa mengenal Pancasila, namun belum dapat sepenuhnya menunjukkan perilaku Pancasila.

"Hari Kesaktian Pancasila, dimaksudkan sebagai penghormatan kepada seluruh pahlawan yang gugur mengorbankan hidupnya demi mempertahankan Pancasila. Sebaliknya, Pancasila untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme semua anak bangsa," harapnya.

Editor: Gokli