Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terima Proposal Pertemuan Bilateral dengan Pemerintah Singapura

Bupati Bintan Diskusikan Tantangan Masa Depan Bersama 6 Wali Kota Negara Asia, Eropa dan Afrika
Oleh : Harjo
Sabtu | 30-09-2023 | 12:00 WIB
2222_roby-diskusi-2_03493418354873547.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan Roby Kurniawan saat diskusi santai dengan salah satu Wali Kota dari Afrika di WCS Mayors Forum 2023 Kosel. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2023 yang berlangsung di Korea Selatan tepatnya di Dongdaemun Design Plaza Lantai 1, Seoul-Korsel, dihadiri langsung Bupati Bintan, Roby Kurniawan.

WCS Mayors Forum 2023 menghasilkan banyak hal membanggakan. Selain inovasi andalan Bintan yang mendapat apresiasi pada forum tersebut, juga mendapat penawaran proposal pertemuan bilateral dari Pemerintah Singapura.

Hal itu terjadi pada saat sesi II WCS Mayors Forum. Di mana, Roby Kurniawan berdiskusi hangat dengan Low Yen Ling, sebagai Menteri Negara Urusan Perdagangan dan Industri Singapura.

Low Yen Ling yang juga menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda Singapura, menyampaikan penawaran proposal pertemuan bilateral antar Pemerintah Kabupaten Bintan dengan Pemerintah Singapura.

Pertemuan itu tentunya akan menjadi catatan baru, dalam sejarah kemajuan Bintan. Selama ini, Bintan dan Singapura cukup banyak menjalin kerja sama, bahkan Bintan menjadi mitra strategis Singapura dalam berbagai sektor hingga ke depannya akan memperluas jalinan tersebut.

"Kita menyambut baik pertemuan bilateral dengan Pemerintah Singapura. Kita jalin bersama nanti, jadi pemuda Bintan bisa belajar skill digitalisasi, marketing, termasuk bahasa Inggris di Singapura. Sementara pemuda Singapura nanti bisa belajar tentang alam, kebudayaan dan lingkungan di Bintan," ujar Roby Kurniawan, Kamis (28/9/2023).

Bupati Bintan Roby Kurniawan saat diskusi santai dengan salah satu Wali Kota dari Afrika di WCS Mayors Forum 2023 Kosel. (Ist)

Usai bincang santai bersama Low Yen Ling yang juga merupakan Ketua Komite Wali Kota Negara Singapura, Bupati Roby sempat memberikan cendera mata sembari mengenalkan batik dengan motif khas Bintan, dan hasil kerajinan tangan para pengrajin Bintan berupa bros baju berbahan baku sisik ikan, yang semuanya dikemas dalam program serta gerakan Bangga Beli Buatan Bintan. Apresiasi pun kembali disampaikan Low Yen Sing melihat kreativitas yang ada di Bintan.

Di luar ruangan WCS Mayors Forum 2023 ini, Bupati Roby juga terlihat melakukan networking dengan beberapa Kepala Daerah atau Wali Kota dari negara-negara di Asia, Eropa hingga Afrika. Di antaranya adalah Wali Kota Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam-Asia), Dhaka (Bangladesh-Asia), Pasir Gudang (Malaysia-Asia), Venesia (Italia-Eropa), Gaborone (Botswana-Afrika) dan Riyadh (Arab Saudi-Asia).

Diskusi ringan pun terjadi sambil membahas inovasi dan potensi daerah. Selain bersama para Wali Kota, melakukan networking bersama Menteri Pembangunan Nasional Singapura, Dasmod Lee, membahas isu-isu strategis terkait pembangunan dan tantangan masa depan, yang perlu mendapat perhatian dan perencanaan yang matang.

Editor: Gokli