Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

1.200 Buruh Sanyo Energi Batam Mogok
Oleh : kli/dd
Kamis | 13-09-2012 | 11:23 WIB

BATAM, batamtoday - Sekitar 1.200 orang buruh PT Sanyo Energi Batam, Rabu (12/9/2012) malam adakan aksi mogok kerja. Aksi ini dilakukan untuk menuntut hak berupa uang jasa dan status buruh lantaran perusahaan tersebut beralih manajamen yang diakuisisi oleh PT Panasonic.


Aksi mogok kali ini merupakan aksi yang kedua kalinya dilakukan dan sebelumnya juga perwakilan buruh sudah melakukan perundingan dengan pihak manajemen. Namun, perundingan itu tidak membuahkan hasil berupa kesepakatan.

Informasi yang dihimpun di lapangan, kemarin malam setelah melakukan aksi mogok, perwakilan buruh kembali melakukan perundingan dengan pihak menajemen. Tapi, sama saja hasilnya belum jelas atau deadlock.

Suprapto, Sekretaris Konsulat Cabang FSPMI Batam mengatakan aksi mogok seribu lebih buruh akan terus berlanjut jika tuntutan mereka terkait peralihan manajemen belum dipenuhi. Memang, setelah melakukan aksi mogok perwakilan buruh melakukan pertemuan namun hasilnya deadlock.

"Aksi mogok ini akan tetap dilanjut sampai tuntutan dipenuhi. Direncanakan, aksi mogok akan digelar dua bulan berturut-turut," jelasnya.

Pantauan batamtoday, Kamis (13/9/2012) pagi suasana di lokasi PT Sanyo Energi Batam terlihat sepi. Aktivitas buruh di lokasi belum bisa dipastikan, namun puluhan sepeda motor terlihat parkir di lokasi.

Ketua PUK FSPMI Sanyo, Farid saat dikonfirmasi belum bisa memberikan keterangan banyak lantaran beberapa pengurus sedang melakukan rapat.

"Nanti aja yah mas, pasti saya informasikan. Sekarang kami lagi ada rapat sesama pengurus," terangnya.