Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pj Wali Kota Tanjungpinang Lantik Relawan Pemadam Kebakaran
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 26-09-2023 | 13:57 WIB
Redkar-TPI.jpg Honda-Batam
Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasar menyerahkan APAR ke masing-masing Lurah, usai melantik Relawan Damkar se-Tanjungpinang, Selasa (26/9/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) bagi relawan setiap kelurahan se-Kota Tanjungpinang.

Kegiatan dibuka langsung Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan di Halaman Kantor Dinas Damkar dan Penyelamatan, Jalan Ir Sutami, Selasa (26/09/2023).

Pj Wali Kota Tanjungpinang mengapresiasi dengan terselenggaranya pelatihan kepada Redkar yang diharapkan dapat memperkuat para personel damkar dalam menjaga wilayah.

"Dengan adanya relawan Damkar ini akan meningkatkan kewaspadaan terhadap tingginya ancaman bahaya kebakaran pada pemukiman, aset masyarakat, Pemerintah Daerah, kawasan lahan hutan, bahkan dunia usaha," ujarnya.

Sambung Hasan, Redkar sebagai bagian dari masyarakat sangat diperlukan keterlibatannya dalam urusan pencegahan pelayanan dan penanggulangan dini kebakaran. "Bukan hanya kebakaran pemukiman, namun juga ikut bertanggung jawab melakukan pencegahan dini dan penanggulangan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal," sebutnya.

Hasan berharap dengan keberadaan para redwan di setiap kelurahan dapat menentukan jumlah kawasan pemukiman yang semula menjadi daerah rawan kebakaran, menjadi daerah yang tidak lagi rawan kebakaran.

"Kepada relawan di masing masing kelurahan agar saling koordinasi, baik dengan pihak RT/RW, kelurahan, hingga pihak Damkar, agar lingkungan tempat tinggal selalu aman dan terkendali," tutup Hasan.

Selanjutnya, Hasan menyerahkan tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan perlengkapan lainnya kepada masing-masing kelurahan. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 90 orang, yang terdiri dari 5 perwakilan untuk setiap kelurahan.

Editor: Gokli