Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR Terima Penghargaan Terbaik Pengelolaa Anggaran dari Pemerintah
Oleh : dpr/si
Rabu | 12-09-2012 | 18:57 WIB

JAKARTA, batamtoday - Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Dra. Nining Indra Saleh, M,Si, yang telah mewakili DPR  menerima Piagam Penghargaan Tertinggi dalam sistem pengelolaan anggaran dari Pemerintah. Piagam Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI Budiono di ruang Darmapala Departemen Keuangan Jakarta, kemarin.



Menurut Sekjen DPR Nining Indra Saleh , piagam penghargaan diberikan berkat prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan anggaran DPR. Penilaian WTP sudah yang ke tiga kalinya secara berturut-turut,  dari tahun  2009 hingga tahun 2011. Piagam yang diterima Sekjen DPR tersebut selanjutnya  diserahkan kepada Pimpinan Badan Urusan Rumah Tangga DPR Nur Iswanto.

Nining Indra Saleh menegaskan, prestasi WTP ini harus bisa dipertahankan untuk tahun-tahun mendatang. WTP merupakan suatu penilaian pengelolaan sistem anggaran, dari perencanaan anggaran, kemudian pelaksanaan anggaran, pertanggungjawabannya, pengawasannya dan terakhir pelaporan.

WTP sambung Sekjen DPR, bukanlah segala-galanya akan tetapi,  ini merupakan tahapan yang penting bagaimana mengelola suatu anggaran ke depan akan lebih baik lagi.

“Ke depan ada tantangan yang lebih berat lagi, karena tahapan demi tahan harus dilalui, baru bisa mendapat WTP,” tegasnya lagi.

Sementara Anggota Badan Urusan Rumah Tangga  DPR Tgk Faisal Amin mengatakan, apa yang telah diterima oleh Sekjen DPR itu adalah sangat baik, karena Sekjen mengurus DPR itu tidak mudah, apalagi yang diurus adalah orang-orang politisi yang ada di dalam lingkup Komisi maupun Badan Kelengkapan Dewan lainnya.

Anggota Dewan ini  mengharapkan , sebaiknya masyarakat datang ke DPR untuk melihat secara langsung seperti apa fasilitas yang ada di DPR.

“Sebaiknya masyarakat jangan hanya bisa mengkritik tapi seharusnya melihat langsung ke Senayan,” jelasnya.

Dia meminta, agar WTP ini perlu dipertahankan, bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan. Masalah ada kritikan dari luar silahkan saja, namun yang  paling penting dari jajaran kesekretariatan dan dari Dewan sendiri melakukan koreksi internal kemudian memperbaiki kinerjanya yang lebih baik.

Anggota BURT Faisal Amin menegaskan sebetulnya DPR sudah sangat hati hati dalam penggunaan anggaran, jika dibandingkan dengan lembaga atau departemen yang lain.

“Namun alangkah baiknya kita tidak usah membanding-bandingkan dengan yang lain, yang jelas kita sudah melangkah lebih jauh dalam penghematan anggaran,” katanya.