Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Batam Siapkan Mekanisme Khusus Bagi 1.444 Pemilih Disabilitas
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 22-09-2023 | 18:28 WIB
KPU-DPRD1.jpg Honda-Batam
Komisioner KPU Batam saat berkunjung ke DPRD Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menyiapkan mekanisme khusus bagi penyandang disabilitas pada pemilu 2024 mendatang.

KPU Kota Batam mencatat sebanyak 1.444 pemilih disabilitas yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Batam.

Komisioner KPU Kota Batam Adri Wislawawan mengatakan, agar para disabilitas dapat menyalurkan hak pilihnya, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah mekanisme khusus.

"Salah satu prinsip pengadaannya di lingkungan nanti, aksesbilitasnya harus diperhatikan. Kemudian untuk logistiknya membantu teman-teman disabilitas, di PKPU 14 itu nanti ada alat bantu untuk pemilihan legislatif. Jadi mereka ada alat bantu yang tersedia di TPS," kata Adri saat berkunjung ke DPRD Batam, Jumat (22/9/2023).

Adri menjelaskan, pemilih disabilitas juga bisa mendapatkan pendampingan pada saat memasuki bilik suara seperti dari pihak keluarga atau kerabat. Dengan begitu, KPU Batam memastikan penyusunan TPS pada pelaksanaan pemungutan suara, akan ada kemudahan akses oleh pemilih disabilitas.

"TPS juga harus ramah dengan kaum disabilitas, mudah diakses, tidak menyulitkan mereka, itu adalah indikator penyusunan TPS. Penyusunannya tetap sama namun, itu juga humanis untuk kaum disabilitas, bahkan boleh ada pendamping yang dipilih sendiri oleh mereka pada saat mencoblos," ujar dia.

Adri menambahkan, KPU Kota Batam juga kerap melaksanakan sosialisasi kepada setiap elemen masyarakat, terutama pemilih pemula dan disabilitas terkait penggunaan hak pilih dalam Pemilu mendatang.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mensukseskan pesta demokrasi Indonesia dengan tidak golput," pungkasnya.

Editor: Yudha