Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waduh, Jalan Kavling Baru Sagulung Dipenuhi Sampah
Oleh : kli/dd
Rabu | 12-09-2012 | 12:20 WIB

BATAM, batamtoday - Beberapa warga yang tinggal di lokasi Kavling Baru, Sagulung mengeluh karena sampah. Pasalnya, sepanjang jalan menuju kavling tersebut penuh dengan sampah yang berserakan. 


Neni, ibu rumah tangga di lokasi mengatakan tumpukan sampah yang setiap hari bertambah kerap menimbulkan bau busuk. Bahkan, saat melewati tumpukan sampah terkadang warga terpaksa harus tutup hidung karena bau busuk itu.

"Bau yang ditimbulkan sampah itu bikin sesak napas dan batuk," ujarnya saat melintas dari lokasi tumpukan sampah, Rabu (12/9/2012).

Ditambahkannya, selain bertambah setiap hari, tumpukan sampah itu jarang diangkat. Sehingga, sampah rumah tangga dari sisa-sisa makanan terkadang sampai membusuk di lokasi.

"Namanya juga sampah rumah tangga, kalau tidak diangkat setiap hari pasti cepat busuk," katanya.

Menurut warga lainnya, akhir tahun 2012 lalu, seorang anggota DPD asal Kepri saat reses ke lokasi tersebut sempat berjanji akan membangun TPS. Namun, hingga saat ini September 2012 rencana tersebut tidak pernah terealisasi, bahkan lokasi dan beberapa bahan untuk membangun TPS tersebut sudah ditutupi sampah.

"Dulu, ada anggota DPD asal Kepri yang janji akan bangun TPS di lokasi ini, rupanya itu hanya cuap-cuap saja tak pernah terwujud. Warga, tak tahu mau buang sampah kemana, akhirnya asal letak aja di pinggir jalan," jelas Hedy, warga sekitar.

Tumpukan sampah yang sudah terlampau banyak ini, harapan warga supaya cepat diangkut oleh pihak pengelola kebersihan. Warga mulai takut akan terserang penyakit gatal-gatal maupun penyakit lain yang timbul karena sampah yang terus menumpuk.

"Kalau bisa Dinas kebersihan maupun pihak yang mengelola secepatnya mengangkut sampah itu. Kalau dibiarkan begitu saja, warga bisa terserang penyakit," kata Sulaiman, warga lainnya.