Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Layani Tamu Hotel dengan Sepenuh Hati, Pastikan Mereka Merasa Diterima dan Dihargai
Oleh : Redaksi
Minggu | 17-09-2023 | 08:32 WIB
AQUA-BENGKULU.jpg Honda-Batam
Flayer Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk 'Melayani Tamu dengan Sepenuh Hati' di Hotel Mercure Bengkulu, Rabu (13/9/2023). (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Bengkulu - Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan bahwa melayani tamu hotel dengan sepenuh hati adalah kunci untuk menciptakan pengalaman yang positif bagi tamu dan memastikan bahwa mereka merasa diterima dan dihargai selama menginap di hotel.

Hal tersebut disampaikan Dr Aqua Dwipayana menjelang menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk "Melayani Tamu dengan Sepenuh Hati" di Hotel Mercure Bengkulu yang berlokasi di Jalan S Parman No. 27 Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Rabu (13/9/2023).

"Oleh karena itu, selalulah menyambut tamu dengan senyuman dan salam hangat saat mereka tiba di hotel Anda. Berikan mereka perasaan bahwa Anda senang mereka datang. Dengarkan kebutuhan dan permintaan tamu dengan penuh perhatian. Jika mereka memiliki pertanyaan atau permintaan khusus, cobalah untuk memenuhinya secepat mungkin," ungkap pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut.

Dr Aqua Dwipayana meminta semua karyawan di industri perhotelan untuk dapat memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang fasilitas hotel, layanan, dan tempat-tempat menarik di sekitar hotel. Tamu yang informasinya terpenuhi akan merasa lebih nyaman. Juga cobalah untuk menjadi fleksibel dalam memenuhi kebutuhan tamu, seperti mengatur waktu check-in/check-out yang sesuai dengan jadwal mereka jika memungkinkan.

Lebih jauh disampaikan Dr Aqua Dwipayana, agar setiap manajer dapat memastikan staf hotel selalu siap melayani tamu, baik siang maupun malam. Ini sangat penting karena kebutuhan tamu bisa muncul kapan saja.

"Pastikan kamar tamu dan area umum selalu bersih dan rapi. Kebersihan adalah faktor penting dalam melayani seluruh tamu. Juga agar layanan di kamar berjalan lancar dan tepat waktu. Bantu tamu dengan permintaan khusus mereka, seperti menyediakan bantal tambahan atau makanan sesuai pesanan," ucap pria yang hobi silaturahim itu.

Jika ada keluhan atau masalah, lanjut Dr Aqua Dwipayana, tanggapi dengan cepat dan profesional. Cobalah untuk menyelesaikan masalah tersebut secepat mungkin tanpa mengabaikan kepuasan tamu. Jika memungkinkan, berikan sentuhan pribadi kepada tamu, seperti ucapan selamat ulang tahun atau perhatian khusus kalau mereka merayakan acara istimewa.

"Tidak kalah pentingnya, selalu meminta umpan balik dari tamu, baik itu melalui survei maupun secara langsung. Ini dapat membantu memahami area yang perlu diperbaiki dan meningkatkan layanan. Pastikan staf terlatih dengan baik dalam hal keramahan, komunikasi, dan pengetahuan tentang hotel. Semakin terampil staf Anda, makin baik pelayanan yang dapat mereka berikan," ujar Dr Aqua Dwipayana menegaskan.

Meningkatkan Pelayanan

Mantan wartawan di banyak media besar itu menegaskan, terdapat beberapa langkah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sektor perhotelan. Di antaranya mengutamakan ketulusan. Hal ini sangat penting karena para tamu langsung merasakannya.

Ketulusan mengacu pada keikhlasan hati dan niat yang tulus untuk membantu orang lain tanpa pamrih atau motif tersembunyi. Keikhlasan ini berarti bahwa Anda benar-benar ingin memberikan yang terbaik untuk kepentingan orang lain tanpa mengharapkan imbalan atau pengakuan pribadi.

"Keikhlasan juga berhubungan erat dengan ketulusan. Ketulusan adalah tentang berkomunikasi dengan jujur dan terbuka kepada orang lain. Ini berarti tidak ada niat untuk menipu, memanipulasi, atau menyembunyikan informasi yang penting. Ketulusan menciptakan kepercayaan dan memungkinkan hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan orang-orang yang dilayani," ungkap penulis buku super best seller Trilogi The Power Silaturahim tersebut.

Dr Aqua Dwipayana lebih jauh menjelaskan tentang integritas yang merupakan nilai yang melibatkan konsistensi antara tindakan dan prinsip-prinsip moral yang diyakini. Dalam pelayanan, integritas berarti melakukan tindakan yang sesuai dengan standar etika dan moral yang tinggi. Hal ini sebagai upaya menjaga kepercayaan orang lain dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang benar, bahkan ketika menghadapi tekanan atau godaan untuk bertindak sebaliknya.

"Dalam memberikan pelayanan terbaik, ketulusan, keikhlasan, dan integritas dapat menciptakan hubungan yang saling percaya dan menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat. Hal ini juga meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun reputasi yang baik bagi individu atau organisasi yang memberikan pelayanan tersebut," ucap Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat ini.

Dr Aqua Dwipayana menambahkan, guna menjaga ketulusan, keikhlasan, dan integritas dalam pelayanan terbaik, harus memiliki kesadaran diri dan memahami nilai-nilai yang penting dalam pelayanan.

Kemudian, menjaga komunikasi yang jujur dan terbuka dengan pelanggan atau penerima pelayanan. Menyediakan informasi yang akurat dan transparan tentang produk atau layanan yang disediakan. Mengutamakan kepentingan pelanggan atau penerima pelayanan di atas kepentingan pribadi. Menerapkan standar etika dan moral yang tinggi dalam setiap interaksi dan tindakan.

Selanjutnya, mengatasi konflik kepentingan dengan cara yang jujur dan adil. Mengakui kesalahan dan bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan. Memperbaiki dan belajar dari kesalahan untuk meningkatkan pelayanan di masa depan. "Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai ini, pelayanan yang diberikan akan menjadi lebih bermakna, efektif, dan berdampak positif bagi semua pihak yang terlibat," kata Dr Aqua Dwipayana.

Menjunjung Tinggi Enam Nilai Grup Accor

Pria yang telah memotivasi lebih dari sejuta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara itu mengingatkan bahwa Grup Accor memiliki enam nilai yang harus menjadi acuan seluruh pegawai di jaringan hotel internasional itu.

Keenam nilai yang dijunjung tinggi itu disebut sebagai 'Accor Value'. Disingkat G.R.I.T.S.S. Penjabarannya adalah sebagai berikut.

a. Guest Passion: Kami melakukan yang terbaik setiap harinya untuk memenuhi ekspektasi baik dari tamu maupun karyawan kami.

b. Respect: Saling menghargai satu sama lain dan tidak ada tindakan membeda-bedakan dari segi ras, suku, agama, dan lain-lain.

c. Innovation: Selalu berevolusi ke arah yang lebih baik dengan membuat hal-hal baru yang menarik dan dapat memajukan operasional.

d. Trust: Kami percaya integritas satu sama lain, sehingga dengan adanya trust akan membuat tim kami lebih kompak untuk mencapai tujuan yang sama.

e. Sustainable Performance: Menjaga serta meningkatkan performance kami baik ke tamu, karyawan maupun lingkungan adalah hal yang selalu kami jaga.

f. Spirit of Conquest: Memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja, menjalankan pekerjaan kami sebaik mungkin dan tidak gampang menyerah untuk mengusahakan service terbaik.

Tempuh Perjalanan Darat

Saat menerima undangan dari General Manager Hotel Mercure Bengkulu Herman Tri Wuryanto untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya, Dr Aqua Dwipayana masih berada di Kota Padang. Waktu itu usai menghadiri peresmian Masjid Haji Alius yang dibangun mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Irjen Pol Purn Suhardli Alius di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Senin 11 September 2023, pada,

Herman tahu selama ini pembicara laris itu sering bicara di hotel-hotel yang berada di bawah Grup Accor. Sudah banyak hotel yang didatanginya untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Dr Aqua Dwipayana sebelumnya pada Senin 4 September 2023 di Hotel Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Desa Kuta Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat telah menyampaikan dua sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk 'Dengan Rasa Memiliki yang Optimal Memberikan Layanan Terbaik ke Semua Tamu." General Manager hotel itu Budi Wahjono yang mengundangnya. Pemilik hotel tersebut adalah Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC).

Dari Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Dr Aqua Dwipayana pada Selasa 12 September 2023 sekira pukul 17.00 Dr meninggalkan Kota Padang. Doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut ditemani abang kandungnya Ikhsyat Syukur. Mereka sengaja naik travel menuju Kota Bengkulu.

Rencana semula mobilnya lewat lintas Barat Sumatera (Kabupaten Mukomuko). Jarak tempuhnya sekira 12 jam. Belakangan travelnya memutuskan melalui lintas Tengah Sumatera (Kota Lubuklinggau). 7 jam lebih lama sehingga total perjalanan 19 jam.

Dr Aqua Dwipayana dan Ikhsyat dengan penuh rasa syukur menikmati semua itu. Sekira 30 tahun lalu mereka sering menempuh perjalanan hingga belasan jam naik bus dari Pematang Siantar ke Kota Padang.

"Alhamdulillah kita dulu telah terbiasa perjalanan seperti ini. Bersyukur bisa mengulanginya lagi," kata mereka senada saat makan malam di Resto Huller Mama Kabupaten Solok.

Sekilas Hotel Mercure Bengkulu

Hotel bagi pengelana yang mencari pengalaman lokal dan autentik Mercure Bengkulu hanya 15 menit berjalan kaki dari Monumen Ratu Samban, lokasi bekas kediaman Ibu Fatmawati Soekarno. Restoran lokal 10 menit dengan mobil, sementara Bandara Fatmawati Soekarno hanya 25 menit.

Memiliki 224 kamar, ruang pertemuan, restoran santapan sepanjang hari, bar, kolam renang, gym, spa, dan lounge. Hotel ini berlokasi strategis di kawasan bisnis Kota Bengkulu.

hotel Mercure Bengkulu memiliki kolam renang luar ruangan, lounge bersama, teras, dan restoran di Bengkulu. Hotel bintang 4 ini mempunyai bar dan kamar-kamar ber-AC dengan kamar mandi pribadi. Akomodasi ini menawarkan klub anak-anak dan layanan kamar untuk Anda.

Semua kamar di hotel ini memiliki seprai dan handuk. Sarapan kontinental tersedia setiap pagi di Hotel Mercure Bengkulu. Akomodasi ini juga menawarkan layanan penyewaan sepeda dan pusat bisnis. Resepsionis di Mercure Bengkulu dapat memberikan saran mengenai daerah sekitar.

Pantai Panjang Bengkulu berjarak 2,9 km dari hotel. Bandara terdekat adalah Fatmawati Soekarno, 10 km dari Mercure Bengkulu, dan akomodasi ini menawarkan layanan antar-jemput bandara berbayar.*

Editor: Dardani